Monday, September 26, 2011

Yang penting bisa makan...

Beberapa diantara kita mungkin masih merasa bahwa pergerakan mahasiswa hanyalah eforia masa orde baru. Segala bentuk demonstrasi hanyalah sebuah latah yang dilakukan sebagai cara merebut perhatian dan merupakan kesia-siaan. Begitulah kabar dan hal yang ada di masyarakat. Beberapa waktu yang lalu yang lalu. Saat bercanda dengan beberapa orang yang memang telah lanjut usia. Perbincangan saya mengarah pada keadaaan yang saat ini ada dan dirasakan mereka.

Perbincangan yang terjadi adalah bagaimana keadaan dulu saat orde baru dan perbedaannya yang terjadi di saat ini. Dan tanggapannya adalah

‘dulu itu ya tentram nduk, tidak ada demo demo’an, harga sembako murah’

Hal itu yang terlontar sekilas. Harap maklum dulu beliau adalah seorang istri dari seorang dari militer jadi memang begitulah keadaan mereka. Namun ketika merilis pertanyaan yang lain. Lebih nyaman saat ini apa yang dulu? Lebih memilih pemerintahan yang dulu atau saat ini?

‘ya sama saja, yang penting bisa makan’

Itulah yang menjadi point penting dari apa yang dirasakan rakyat sesungguhnya. Mereka hanya merasakan pentingnya makan dan kehidupan. Hingga menjadi ukuran kesuksessan pemerintahan juga. Bukan sebuah isu-isu politik hingga korupsi yang di gembar-gembirkan. Rakyat tidak perdulu pada koalisi. Apa yang mereka dapatkan dari menonton televisi yang isinya hanya berkisah pada intrik politik yang sama-sama tidak menjanjikan kebenaran. Palingan sekarang mereka menjual waktu untuk tv hanya untuk menonton film korea hingga hipnotis jalanan melepas lelah (harap dicatat saya tidak curhat)

This is real. Sebagaian dari masdyarakat tidak punya waktu untuk mengurusi permasalahan pemerintah tentang korupsi ataupun pecahnya koalisi. Mereka hanya berpikir bisa makan atau tidak, itu saja sudah memusingkan. Jadi bila yang atas melakukan KKN mungkin di persilahkan (selagi tidak ketahuan) asalkan sembako murah.

Sebatas itulah?

Magelang, 25 sebtember 2011
‘meja makan.. dan segelas kopi...’

No comments:

Post a Comment