Monday, September 26, 2011

Sekilas dan kemudian lenyap..

Beberapa waktu yang lalu saat berbincang dengan seorang kawan aku menemukan sesuatu. Bahwa di dunia ini tidak ada yang benar-benar putih dan tidak ada yang benar-benar hitam. Dari mulai banyak sekat yang terselenggara di kehidupan ini. Benyak diantaranya yang akan memebuat kita tersekat dan terbuai pada keadaan. Melupakan kendali kita dan banyak hal yang bisa kita lakukan dengan tenggelam dalam impian impian kecil dalam lingkup ‘aku’ atau ‘saya’.

Subhanallah..
Ketika saat ini saya bisa memandang segala sesuatu dengan banyak sisi dan kesadaran. Yang memang seharusnya dipikirkan. Hanya saja saat ini sedikit yang sadar. Hanya saja saat ini sedikit yang mau mengerti. Hanya saja saat ini terlalu lama untuk menunggu generasi yang luar biasa untuk perubahan. Padahal perubahan ditunggu segera adanya.

Jadi teringat pada kalimat yang dikatangan 5 orang senior yang cukup menginspirasiku dalam banyak hal. pemikiran dan pengalaman mereka tentang buku maupun kelengkapan sejarah yang luar biasa untukku.

‘jangan percaya siapapun tentang apapun, termasuk saya..’

Begitu ungkapnya selepas setiap kali kami berdiskusi. Hal itu tak berbeda dengan salah seorang kawan yang ku temukan di komunitas teater di kota ku. Disana menemukan orang aneh yang mempunyai pemikiran dan kesadaran yang luar biasa tidak dapat bisa ditebak. Mereka dengan gaya dan bahasa tubuh dan fisik yang seperti tidak perduli pada kehidupan malah mengajakku berdiskusi tentang agama dan politik Indonesia.

Karena memang benar. Kadang apa yang nampak itu menipu. Kadang yang terlihat itu tidak sepenuhnya benar. Maka dari itu banyak diantara kita sering terjebak dalam sebuah simfoni keadaan yang membuat kita kecewa karena telah mengharapkan putihnya putih ataupun telah meyakinkan diri kalau hal yang lain itu hitam. Sekali lagi berpikir tentang itu keadaan menjadi lebih menjengkelkan.

Sejenak diam dan tenggelam dalam larut diri..

Tidak ada putih yang benar-benar putih
atau
hitam yang benar-benar hitam yang pekat..

karena jika putih benar-benar putih atau..
hitam benar-benar hitam itu pekat..
pelangi tak akan pernah ada..

purworejo,25 sebtember 2011
‘jiwa yang dikecewakan keadaan..’

No comments:

Post a Comment