Thursday, May 24, 2012

“Persepsi,Mawar,dan Warna”

Warna adalah sebuah simbol yang terselip dalam setiap kehidupan kita. Bagaimana warna dapat menjadi cirihas sampai sebuah pengungkapan perasaaan bagi para penggunanya. Sehingga kemudian warna dapat memiliki banyak makna sesuai dengan persepsi individu yang berbeda. 

Persepsi, menurut Rakhmat Jalaludin (1998), adalah pengalaman tentang objek, peristiwa, atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan.
Sedangkan Menurut Ruch (1967),persepsi adalah suatu proses tentang petunjuk-petunjuk indrawi (sensory) dan pengalaman masa lampau yang relevan diorganisasikan untuk memberikan gambaran yang terstruktur dan bermakna pada suatu situasi tertentu.

Warna adalah persepsi yang dirasakan oleh sistem visual manusia terhadap panjang gelombang cahaya yang dipantulkan oleh objek. Setiap warna mempunyai panjang gelombang ( ) yang berbeda. Warna merah mempunyai panjang gelombang terpanjang, sedangkan warna ungu (violet) mempunyai panjang gelombang terpendek (Munir, 2004).

 Namun dalam hal ini say aingin berbicara bahwa warna dapat di gunakan sebagai media komunikasi yaitu saya khususkan pada media “Persepsi,Mawar,dan Warna”


Di awal penampilan akan ada permainan yang berhubungan dengan persepsi (sudut pandang) dan warna. Hal tersebut di padukan antara visualisasi video dan juga interaksi dengan peserta.

Dan pada akhir penampilan akan ada berbagai pengungkapan arti warna lewat media mawar. Sehingga pada penampilan tersebut dapat di simpulkan bahwa warna ataupun bunga dapat menjadi media komunikasi kita untuk mengungkapkan perasaan maupun berbagai hal yang tidak mampu di ungkapkan dengan kata kata.

 Makna warna : 
Merah ; identik dengan semangat yang membara mungkin di ibaratkan dengan api yang selalu menggelora. Dan juga penuh dengan cinta. Pada mawar warna ini dapat berarti lambang cinta. 
Kuning : dapat berarti kegembiraan, persahabatan dan harapan. Warna ini pula yang biasanya di ibaratkan dengan lambang matahari yang cerah sehingga selalu memancarkan sinar suryanya. 
Ungu : menjadi warna pesona. Yaitu warna yang memancarkan sebuah siluet kesempurnaan yang selalu nampak megah dan menimbulkan cinta pada pandangan pertama 
Orange : warna yang penuh hasrat yaitu earna yang penuh antusiasme dan semangat yang tiada akhir. Warnha ini di berikan untuk orang yang butuh banyak perhatian misalnya pada orang yang sakit 
Putih : dapat di lihat bahwa mengibaratkan warna yang suci, bersih dan memmiliki ketulusan.warna ini banyak di minta untuk mawar karena sebagai warna yang suci dan
melambangkan cinta yang tulus dan tanpa syarat 
Pink : warna yang dominan menjadi idaman kaum hawa ini selalu nampak menarik. Karena warna ini selain menenangkan namun juga merupakan sebentu perhatian dan apresiasi. Dapat di lihat dari permintaan mawar pink yang banyak maka dapat di nikmati pula bagaimamana mawar pink merupakan simbol perhatian dan kasih sayang yang sempurna namun tidak berlebihan.

No comments:

Post a Comment