Thursday, May 24, 2012

”Komunikasi Antara Bayi dan Ibu”


Komunikasi dengan Orang tua adalah contoh komunikasi primer. Komunikasi ini di lakukan sejak awal kita terlahir ke dunia. Pada khususnya adalah seorang ibu. Bagaimana seorang ibu memilki komunikasi yang begitu dekat dengan bayinya. Berbagai simbol dan hal yang di lakukan oleh seorang anak yang pada awal keberadaannya di dunia komunikasi yang di lakukannya hanyalah sebatas sesuatu yang dapat di lakukannya.


Pada unsur Komunikasi terdapat : komunikan, komunikator, media, pesan, dan feedback.
Komunikan : Ibu
Komunikator : bayi
Pesan : lapar atau haus ,mengantuk
Media : menangis
Feedback : perhatian dari ibu.

Bayi dengan segala keperbatasan komunikasi yang dia pelajar hanya mengenal siimbol simbol komunikasi yang berbeda beda. Khususnya simbol tersebut adalah menangis, rewel, tidak mau diam atau gerak terus dan lain sebagainya itu adalah salah satu simbol bahwa bayi tersebut menginginkan sebentuk perhatian dari ibunya.
Pada komunikasi yang begitu terlihat adalah bagaimana seorang bayi yang lapar atau haus akan melakukan komunikasi dengan ibu dengan cara menangis. Bayi sebagai komunikator akan melakukan komunikasi dengan melalui media tangisannya dengan pesan bahwa dirinya lapar atau haus kemudian ibu akan menerima pesan tersebut dengan begitu bayi tersebut akan mendapatkan perhatian dari ibunya sebagai bentuk feed back yang di terimanya.
Dengan demikian terdapat komunikasi yang di lakukan oleh keduanya. Sehingga baik ibu maupun anaknya yang baru lahir atau bayi dapat saling memahami satu sama lain walau dengan bahasa isyarat atau tangisan. Karena ibu atau pengasuh bayi tersebut merupakan seorang yang paling dekat dengan bayi untuk melakukan komunikasi lebih dekat dan intensif.

No comments:

Post a Comment