Sunday, August 7, 2011

Refresh Our Mind (ROM) Panitia PPA 2011 Fakultas Ekonomi


Siang ini ada yang berbeda dari sudut kampus yang mulai sepi dari aktivitas akademik yang memang dapat di maklumi apalagi saat tiba waktu liburan. Namun perbedaan tajam terjadi saat beberapa orang yang mengikrarkan diri untuk masuk dalam suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengkondisikan mahasiswa baru dan bentuk pengenalan lingkungan kampus sampai kehidupan kampus itu sendiri.

Panitia PPA 2011 Fakultas Ekonomi kali ini mengadakan kegiatan berbeda dalam rangka memperkokoh dan menjalin rasa kebersamaan yang lebih untuk para anggotanya. Sehingga di putuskan kegiatan Refresh Our Mind menjadi kegiatan yang tak lepas dari suatu fase yang ditempuh untuk lebih memberikan aura kebersamaan dan kekompakan antar anggota.

Sudut kampus di sebelah PKMU atau Gedung Student Center nampak lebih ramai dari biasanya lengang. Sabtu siang tanggal 6 agustus 2011 ini kegiatan ROM diselenggarakan bersama dengan agenda buka bersama panitia PPA 2011 Fakultas Ekonomi.

Acara ini dibuka oleh Ardias sebagai Mc dan pembukaan serta sambutan di sampaikan oleh Wikhan Wildan sebagai ketua panitia PPA 2011. Hal yang berbeda saat pembicara atau sebagai pematik motivasi kali ini mengundang seorang tokoh kampus dari fakultas FMIPA, Lukman hakim.

Perbincangan senior dan diskusi singkat itu menjadi salah satu pencerah kami. Mengupas tentang bagaimana menjadi tim yang kompak dan dapat menjalin sebuah komunikasi sehat di dalam organisasi. Bahwa organisasi yang sukses di awali oleh adanya komunikasi yang seimbang antara anggotanya. Semua anggota memiliki waktu dan hal yang sama dalam menyampaikan pendapat. Hal itu menjadi sebuah hal yang penting saat kepanitian ini membutuhkan komitmen dan kesediaan dalam mengorbankan banyak hal untuk kesuksesan PPA 2011.

Dalam sebuah kepanitiaan atau organisasi, masalah dan konflik adalah hal yang biasa. Bahwa kita adalah manusia yang memiliki banyak pemikiran dan pendapat yang berbeda. Maka dari itu dibutuhkan adanya pengertian dan karakter anggota yang melalaikan sikap egois dan pemikiran yang hanya mengedepankan tentang ‘aku’ namun menggantinya dengan kata ‘ kita’. Hal ini sama halnya dengan belajar tentang membentuk karakter seorang pemimpin dalam diri sendiri, sebagai pengendalian dan kestabilan diri. Begitu pula dalam belajar menjadi pribadi yang siap untuk ditempatkan di masyarakat yang kulturenya bahkan jauh lebih beragam dari visualisasi di organisasi kampus saat ini.

Motivasi adalah hal yang penting. Saat komitmen dan kontribusi di butuhkan dalam sebuah kepanitiaan. Motivasi menjadi bahan bakar yang akan terus dan terus menyalakan api semangat dan api ke istiqomahan dalam menjalankan tugas dan amanah yang ada dalam kepanitiaan. Maka dari itu saling menghargai dan mempu menempatkan diri dengan porsi yang benar adalah salah satu cara dimana kita belajar untuk tidak meremehkan dan iri dengan anggota yang lain.

Acara dilanjutkan dengan sholat ashar di mushola rektorat dan kemudian games yang di adakan untuk membangun rasa kebersamaan dan kerja sama antar anggota. Hingga tanpa terasa hari menjelang senja dan saat berbuka puasa menjadi penutup atas acara Refresh Our Mind.

Diskusi kecil yang membangun sendi demi sendi kebersamaan dan motivasi itu menjadi sebuah pematik. Dengan demikian banyak hal yang di dapat dan menjadi sebuah bekal untuk menjadi awal. Kesuksesan acara ini bukan dinilai dari telah terlaksananya acara ini, namun lebih jauh bagaimana kinerja dan bagaimana anggota panitia PPA 2011 dapat mengaplikasikan apa yang di dapatnya.

Besar harapan panitia ROM yaitu GO dan PH bahwa acara ini bukan hanya sekedar pengisi waktu namun dapat menjadi pembakar dimana kepanitiaan ini kian solid dan menjadi panitia PPA yang ideal dan dapat menjadikan acara PPA yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

‘ketika anda hanya berpikir tentang masalah, anda tak akan berpikir tantang solusi dan pengalaman yang anda dapatkan”
-arma setyo nugrahani-

Semarang, 6 agustus 2011
22:54 pm

No comments:

Post a Comment