Wednesday, July 27, 2011

Wisata Ruhani

Pemuda kini di kondisikan bukan hanya agent of change namun juga creator of change. Yang berarti pemuda kini bukan hanya sekedar pemuda sekedar agen yang merupakan penggerak perubahan , namun selain seorang penggerak juga merupakan seorang desainer perubahan.
Selain itu sebagai kader dakwah, pemuda kini menjadi ujung tombak langkah dan gerakan untuk membumikan Islam. Dan dalam usaha untuk membumikan Din Allahini akan banyak masalah dan rintangan yang dihadapi. Para kader yang bertahan dan tetap istiqomah di jalanNyalah yang nantinya akan mulia dalam syahid di jalan jihad milik Allah.
Sebagai pembawa amanah besar reformasi dan amanah besar agamaNya tersebut pemuda harus memiliki kriteria yang perlu terus menerus di sempurnakan setiap saat. Dalam pembentukan diri tersebut terdapat 7 kriteria yang kemudian di rangkum dalam “ 7 definisi Pemuda Islam” :
 Tenang
 Terencana
 Terampil
 Tertib
 Tekun
 Tegar
 Tawadhu’
Dalam sebuah pembelajaran hidup bagaimana menginterpretasikan apa yang sedang terjadi adalah sebuah tolok ukur bagaimana seorang pemuda (pada khususnya) dalam berpikir dan berperan dalam perbaikan dalam jalan dakwah ini. Begitu pula bagaimana seleksi alam akan terjadi, seseorang yang tidak cekatan dalam menafsirkan keadaan dan ‘gegabah’ terhadap keadaan yang ada akan segera tersingkir dari perlombaan hidup ini.
Dalam Al – Rad 28 :
“Ingatlah,hanya dengan mengingat Allah , hati akan menjadi tenang”
Dengan demikian jelas sudah bagaimana seorang pemuda kini harus memiliki mindset yang jelas dan benar mengenai langkah yang akan di pilihnya. Bagaimanapun keadaannya ia kan mengingat Allah sebagai sumber pengharapan dan merupakan tempatnya bersandah dari segala masalah dan ketiadaan daya yang melebihi Allah akan apa yang terjadi di dunia ini.
Dalam korelasi nyatanya, sikap tenang akan membingkai pemikiran seseorang dapat berpikir secara jernih. Lebih jauh seseorang yang memiliki pemikiran dan sikap yang tenang haruslah didukung dengan keyakinan dan keyakinan itu harus di dasari dengan ilmu, dan ilmu yang benar adalah ilmu yang berasal dari Zat yang Maha Benar, Allah.
Seseorang yang memiliki hidup yang terencana adalah seseorang yang memiliki persiapan dan mimpi yang di uraikannya secara nyata di dalam bentuk agenda. Dalam kehidupan seseorang yang memiliki perecanaan maka hidupnya akan lebih menantang. Karena ia akan terus memiliki agenda dan hal yang akan di capai.sekalipun itu adalah perencanaan, harus di buat dengan serius dan sesuai dengan ukuran kemampuan dan mampu di pertanggung jawabkan. Karena ketika kita gagal dalam merencanakan sesuatu , maka kita sedang merencanakan kegagalan tentang sesuatu tersebut.
Hal yang sering dianggap sepelekan oleh pemuda saat ini adalah kita sering terlena pada keadaan yang ada. Kita sering kali melupakan sebuah ujian yang begitu terlihat menggiurkan dan melenakan berbentuk “ kenikmatan, kebahagiaan, kemudahan dan waktu luang”. Dan kita sering pula terlalu terfokus pada kegagalan tanpa memaknai pelajaran yang di dapat serta terlalu tertuju pikiran tentang doa yang tertunda dan yang tak di kabulkan.
Motivasi adalah hal penting dalam langkah kita. Jangan sampai niat kita salah dan jangan sampai motivasi kita juga melenceng dari apa yang seharusnya. Karena apapun itu bila bertujuan dan berawal karena Allah, pasti akan di mudahkan jalanNya.
Dengan 7 hal tersebut pemuda di harapkan dapat berpikir jernih, mampu menafsirkan keadaan yang ada dan mencari solusi yang paling baik, dapat menghimpun informasi yang benar dengan sedetail mungkin serta mudah di mengerti , mampu mengaplikasikan solusi dengan tindakan efektif dan efisien.
Demikian adalah bagaiman kita sebagai pemuda menjadi sosok yang mengadakan perbaikan pada keadaan bukan malah menambah beban permasalahan peradaban. Semoga Allah selalu menuntun kita ke jalanNya dan berada di jalur yang selayaknya tetap pada koridor yang bertujuan hanya untuk ridhoNya.

No comments:

Post a Comment