Thursday, March 31, 2011

embung di sore ini..


sore adalah waktu dimana kita bisa beristirahat sambil mengenal apa kegiatan kita hari ini. mungkin begitu bagai sebagian orang. namun lebih dari itu. sore untuk seorang sepertiku adalah saatnya mengenal dunia lebih jauh. meluangkan waktu untuk menyusuri cerita demi cerita seseorang atau kelompok. sore untukku waktunya bersosialisasi dengan kehidupan. bagaimana aku bisa mengambil pelajaran dari setiap kisah dan menambah warna pengalaman yang menjadikanku lebih bijak dan baik dalam mengambil sebuah keputusan kedepannya.

dan dari sore ke sore di kampus konservasi ini selalu ada agenda demi agenda baru yang membuatku belajar. karena hidup bukan hanya soal kuliah. ternyata banyak sekat yang bisa terurai jika kita mau mengurainya dengan kunci sederhana bernama . ukhwah.

dan sore ini adalah bagaimana aku belajar merenungi banyak hal, ketika kemarin aku mengunjungi seorang sahabat yang membuka usaha bakso dengan kawan seangkatan. betapa kekerabatan hingga kekeluargaan tercipta disana, ketika kemarin aku bercerita banyak dengan salah seorang perempuan hebat yang ternyata memiliki pengalaman luar biasa karena ditingga ibu nya sejak umur 5 tahun.
dan sore pula yang mengajarkan aku banyak pembelajaran hidup tentang dunia, tentang islam, tentang syukur dan tentang tujuan hidup.

dan sore ini aku juga berbincang dengan seorang kawan. ia bercerita banyak tentang bagaimana perjalanannya dari kecil hingga dewasa. bagaimana ia berjuang untuk tetap bertahan walau tanpa orang tua. hidup dengan sangat sederhana dan membutuhkan perjuangan yang teramat keras di hidup yang semakin susah ini. bagaimana ia harus selalu mengurai letih setiap tiba di kos sederhana yang di sulapnya menjadi perpustakaan kecil.

buku demi buku yang di susunnya rapi, hingga bagaimana ia mengambil keputusan untuk tetap berjuang dengan hanya berpasrah pada Allah. sungguh dia adalah saudara yang luar biasa .

dan berada di tepi kehidupan seperti saat ini membuatku menyadari bahwa kita memang harus selalu belajar dari orang lain. menjadikan diri kita lebih dan lebih bersyukur ketika melihat ke bawah dan termotivasi saat melihat ke atas.

dan saat ini aku tengah banyak belajar, tak ada kata lelah. mendengar untukku adalah bagaimana membuat orang nyaman terhadap kita. karena terkadang seseorang hanya ingin di dengarkan. ia ingin berbicara dan berbagai cerita . membuatnya nyaman dan membuatnya bisa mengurai tawa hingga derai air mata akan membuat perasaannya lega. dan aku akan senantiasa belajar bijak untuk menghadapi hidupku selanjutnya.

di sore ini aku berbias kagum pada awan. bahwa ada warna kelabu diangkasa yang telah mengurai jadi hujan. namun itu adalah anugrah terindah yang didamba hamba yang tengah bersujud hanya pada cinta sejati milik Nya.

selepas sore ini. aku ingin kembali mengurai pembelajaran lewat buku. berbahagianya aku memuliki kawan, kerabat hingga saudara di sekitasku yang senantiasa memberikan hingga meminjami buku yang luar biasa. semoga kelak aku bisa membuat perpustakaanku sendiri. perpustakaan kecil yang membuatku lebih bisa berbagi dengan yang lainnya.

jadi... ayo berbagi buku denganku... :D

No comments:

Post a Comment