Tuesday, March 6, 2012

kita bukan 'tahanan lingkungan'... !!

Selayaknya kita memiliki kebebasan pribadi yang di batasi oleh kebebasan orang lain. Bagaimanapun itu kebebasan kita hanya dapat kita perolah dengan tataran yang tidak mengganggu kebebasan orang lain. Namun ada sebagian lain yang memiliki kualifikasi yang berbeda.
Terkadang kita bertemu atau mengalami sebagai ‘tahanan lingkungan’ . istilah itu berarti kita adalah manusia yang bertindak dan berpikir sesuai dengan lingkungannya. Lingkungan memang memiliki peran besar dalam pembentukan pikiran dan langkah yang kita pilih. Namun itu bukan menjadi alasan kita menjadi sosok yang melakukan sesuatu hanya karena lingkungan kita bukan karena memahami hakikatnya pilihan yang kita lakukan.
Faktanya oleh karena itu walau faktor lingkungan itu ada. Itu bukan menjadi faktor yang begitu prioritas. Bahwa apa yang kita lakukan ini bukan hanya rutinitas. Namun karena niat yang benar terhadap segala sesuatu dan melaksanakannya dengan sepenuh hati dan niat karenaNya.
Dengan itu akan ada banyak yang melihat hal yang di lakukannya bukan hanya sekedar hal yang di rencanakan dan terlaksana. Karena hakikatNya hidup adalah beribadah padaNya bukan? Oleh karena itu bersyukur dan memaknainya juga merupakan hal yang harus dilakukan.
Dengan begitu kita mampu menjadi pribadi peibadi progresif dan tidak menjadi ‘tahanan lingkungan’ . menjadikan diri diri kita menjadi seoang pembelajar yang tidak selalu menjadi si baik yang patuh namun ‘kosong’ dalam ilmu namun menjadi si pembangkang namun tetap jalan yang benar dan memiliki banyak pengalaman dan pemahaman dalam kehidupan.
Salam perjuangan..
Semarang,27 februari 2012

No comments:

Post a Comment