Tuesday, December 20, 2011

MENGEMBALIKAN KEJAYAAN MAHASISWA di MEDIA MASSA

Tulisan adalah bahasa jiwa penulisnya. Lebih jauh dari itu tulisan bukan hanya rangkaian kata yang terstruktur dan terangkai begitu saja. Namun tulisan adalah bagaimana penulis mengutarakan pemikirannya lewat kata. Begitu sekelumit kiasan yang tercipta dari workshop jurnalistik yang dilakukan oleh KAMMI Komisariat Unnes dengan mengangkat tema “mengangkat kejayaan mahasiswa di media massa”.
Workshop Jurnalistik mengundang narasumber luar biasa yaitu Dwi Purnawan (Blogger/Penulis) dan Rahmat (Penulis/Redaktur). Tanggal 18 Desember 2011 menjadi awal dari lahirnya penulis baru yang kemudian dapat meneruskan tonggak kepenulisan yang telah lama di bangun oleh generasi yang lalu.
Motivasi dan berbagai ilmu diberikan lewat cerita hingga contoh real yang terjadi di nyata. Bahwa penulis merupakan rangkaian kegiatan menulis yang menjadikan pengalaman dalam menulis adalah sebuah perjalanan. Penerangan tentang keberhasilan Rahmat dalam meniti karier hingga artikelnya dimuat di koran nasional merupakan sebuah pengalaman tak terlupakan. Bagaimana beliau menjadi sosok yang memotivasi banyak penulis pemula.
Mahasiswa yang tertarik dalam kepenulisan kemudian diajak melakukan simulasi pada bagian akhir dari pelatihan ini. menulis adalah merangkai fakta yang di lakukan dengan seni dan bumbu empati yang pas sehingga menghasilkan tulisan yang bukan hanya enak di baca namun memiliki isi di dalamnya.
Harapan besar dari panitia adalah membentuk dan memberikan motivasi pada penulis muda hingga bukan hanya sekedar bermimpi menjadi penulis namun terus belajar dan berlatih dalam menulis. Sehingga kemudian tulisannya di muat atau tidak bukan jadi ukuran kesuksesan. Karya bukan di nilai dari tepuk tangan pembaca,namun bagaimana menginspirasi pembacanya hingga adanya perubahan pada diri pembacanya walau tanpa pujian untuk penulisnya. (arma-fe)

No comments:

Post a Comment