Thursday, January 26, 2012

PENDIDIKAN MURAH sebagai salah satu SOLUSI PERMASALAHAN BANGSA.


Pernahkan kita sadari sedikit tentang mereka yang ada di jalanan. Pernahkan kita tergerak menatap mereka yang mengemis di trotoar. Mungkinkan kita mau sedikit menengok pada mereka yang melilit lapar di kolong jembatan. Akankah kalian mendengar jerit tangis para pejuang sesuap nasi di tengah peluh kepanasan. Tak kah kalian mengenali sapa tanpa kata dari mereka yang berjejer lesu di sudut kota atau mereka yang terdiam di sudut desa tanpa aksara.

Indonesia adalah negara yang kaya raya. Tambang emasnya yang melimpah. Lautnya yang tak ternilai keindahanya. Hasil buminya yang melimpah walau tanpa di tanam dan tinggal memetik dari tempatnya.

Namun pernahkan kita membaca yang tertera di permukaan mata. Rayat yang sengara tanpa mantra sesyukuran dalam dada. Korupsi yang membahana tanpa cela. Hingga penganggurannya yang bergerak geriliya tiada henti bergantian di stasiun berita kriminal . atau mereka yang terpasung pada kebencian kepalsuan dunia yang memilih apatis dan hanya berpihak pada perut dan kehidupannya tanpa memandang nasip bangsa yang membuatnya nyaman menyuap lauk berdana ratusan juta.sedit menyelidik tentang masa depan bangsa kita tak akan lepas dari pendidikan di Indonesia.

Pada dasarnya Indonesia tak pernah kehilangan kepeduliannya terhadap nasip anak bangsa yang terlahir di wilayah bangsa ini. dari mulai bos hingga bidik misi, usaha pemerintah cukup memberikan ruang yang membuat sedikit harapan. Namun coba kita tengok kembali bagaimana gedung-gedung sekolah yang ada di berbagai daerah bahkan di pinggiran jakarta di ibu kota.

Tatap kosong yang mereka pancarkan menyiratkan banyak hal yang mencerminkan bagaimana Indonesia kedepan. Keinginan yang tertambat untuk menjadi lebih baik dan dapat menjadi aset bangsa untuk berbaikan itu terlibas oleh keangkuhan dunia. Pendidikan adalah hal yang harus mereka dapatkan. Bukanlah jelas diamana mereka berhak memiliki pendidikan yang layak dan lingkungan yang mendukung. Bukan malah di menjadi aset kelola kepentinga kalangan yang tidak bertanggung jawab.

Pendidikan yang baik dan dengan biaya yang murah dan terjangkau merupakan hal yang dapat menyelamatkan Indonesia. Dengan anak bangsa mereka memiliki kepastian akan adanya sebuah kejelasan akan hal yang mereka impikan. Sekolah dan pendidikan bukan merupakan hal harus di jadikan monopoli oleh pihak yang bertanggung jawab. Disinilah peran yang trategis , dimana para anak bangsa yang terdidik mampu lebih kreatif dalam menyelesaikan permasalahan bangsa yang ada.

Hal itu bukan hanya sekedar berbincangan di muka. Diharapkan pemerintah mampu lebih apresiatif dalam adanya peningkatan adanya bantuan pendidikan hingga perbaikan fasilitas sekolah yang lebih progresif dan terpantau.

Bukan hanya sekedar memberi bantuan semata namun dapat meninjau hingga memberikan perhatiannya untuk generasi yang nantinya menjadi cikal PEMIMPIN Indonesia yang tidak akan kehilangan ‘N’ nya dan hanya menjadi seorang PEMIMPI. (arma- unnes)

No comments:

Post a Comment