Wednesday, January 25, 2012

Dari KAMMI untuk Bangsa


Begitu pentingnya arti seorang guru dalam kehidupan kita. Yang mengajarkan kita banyak hal tentang akhlak, ilmu hingga bagaimana kita menyikapi suatu permasalahan. Hal tersebut yang membuat KAMMI Komisariat UNNES memilih buku berjudul GURU HARAPAN BANGSA sebagai buku yang diuraikan dalam Bedah Buku KAMMI Komsat UNNES.

Agenda ini berlangsung pada tanggal 23 Januari 2012 di Gedung Serba Guna FIP UNNES. Dengan peserta yang hadir dari berbagai fakultas bedah buku kali ini banyak membahas tentang peran guru dalam kehidupan sehari hari. Seorang guru bukanlah hanya sebagai sarana transfer ilmu saja namun lebih dari itu guru adalah tauladan dan panutan langsung bagai para peserta didik.

Saat ini banyak hal yang mulai tidak berada pada tempatnya sekaligus pendidikan seorang guru yang kemudian lebih di khususnya sebagai seorang mahasiswa. Mahasiswa sebagai cikal bakal keguruan di Indonesia dimanapun berada memiliki kesempatan yang sama untuk memperbaiki dan melakukan pengelolaan diri yang maksimal dimanapun berada. Seorang mahasiswa nyang memiliki tujuan atau daslam prodi-nya nanti memiliki tujuan untuk menjadi seorang guru seharusnya memiliki kefahaman lebih tentang peran seorang guru.

Guru sebagai seorang tauladan seharusnya mampu menyelesaikan dirinya sendiri. Dalam sisi ini guru harus nmempu menjadi pemimpin bagai dirinya. Seorang yang mampu memilih dan memberikan keputusan terhadap suatu masalah. Seseorang yang mampu menjadi tauladan bagai secara sudut pandang ilmu maupun dalam sudut pandang keakhlak-an.

Selepas selelai dalam pengelolaan untuk dalam lingkungan dirinya. Guru memiliki sisi dimana dia harus memiliki penyelesaian dalam memiliki jaringan. Sebagai seorang pendidik haruslah peka terhadap berbagai masalah dan dapat membaca keadaan siswa. Seseorang yang mampu menjawa ritme atau kesemangatan muridnya. Dapat terus inovatif terhadap bahan ajar hingga memiliki banyak cara untuk tetap dapat menarik peserta didik.

Selanjutnya pendidik merupakan seorang konseptor. Konsep disini ndapat berarti luas bahwa dalam kepemimpinannya di dalam maupun di luar kelas beliau harus mempu menjadi penyusun tatanan perkembangan maupun ilmu yang harus diperoleh untuk peserta didiknya.

Yang terahir dan yang peling tenting adalah guru harus memiliki sikap istiqomah dan ketaqwaan yang tak bertepi hanya pada Allah. Karena dengan perjalanan yang panjang untuk melaksanakan peran tersebut bukan berarti dapat di lewati dengan lapang dan tanpa masalah.dengan banyak nya masalah akan membuat guru menjadi sosok yang tanggung dalam pengajaran dan berpengalaman profesionalitas merupakan hal yang patut untuk terus di perjuangkan.

Sedikit cuplikan di atas tidak mampu mengungkapkan ilmu yang di berikan oleh Maukuf sebagai penulis dari buku yang di bedah pada periode ini. banyak hal yang di berikan mulai dari tips hingga berbagai pengalaman beliau yang mengesankan. Dengan pembawaan yang menyenangkan dapat menarik minat peserta untuk mengikuti acara tersebut hingga akhir. Demikian panitia berharap banyak adanya perbaikan kualitan hingga kuantitas sebagai seorang guru karena sesuai dengan tema bahwa guru merupan faktor besar untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia yang akan membuat perbaikan di Indonesia. (arma-unnes)

No comments:

Post a Comment