Saturday, January 7, 2012

KERAGAMAN BUDAYA SEBAGAI PEREKAT BANGSA

Kembali berseteru dengan pemikiranku sendiri. Beberapa buku yang ‘terpaksa’ ku baca untuk memenuhi tugas kuliah malah membuat hal yang menarik dalam pemikiran baru yang memang tengah ku perjuangkan keberadaannya. Khususnya ketika membuat makalah mengenai keragaman budaya sebagai perekat nasionalisme.
Hal yang mungkin kurang update dalam opini yang tengah berkembang saat ini yang lebih condong pada masalah hak asasi manusia yang mulai di jajah di berbagai tempat. Namun tak bisa dianggap sepele saat kita berbicara tentang kultural Indonesia yang memang beragam agaknya bukan hal yang lapuk untuk dijadikan perbincangan.apalagi untuk di ulas dalam berbagai perbincangan.
Keberagaman budaya di Indonesia telah ada sejak dahulu. Hal ini tidak dapat di pungkiri karena masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai komunitas.
Dapat dicatat bahwa Indonesia memiliki 13.667 pulau yang tersebar dari sabang hingga merauke. Yang dihuni dan di namai setidaknya 6000 pulau, disana dapat di simpulkan bahwa Indonesia bukan negara yang kecil dari kuantitas luas wilayahnya setidaknya itu dapat menjadi aset saat pemiliknya menyadari dan dapat memanfaatkannya secara maksimal.
Penduduk Indonesia ada 200 juta lebih , hal tersebut adalah kelebihan pula. Banyak hal yang dapat di jadikan referensi untuk menjadi tonggak pemaksimalan dari segala aspek. Penduduk dengan kuantitas yang besar itu juga harus di dukung oleh kualitas yang baik pula. Bagaimana pendidikan di Indonesia hingga fasilitas kesehatan yang dapat mendukung perkembangan yang ada di Indonesia.
Indonesia memiliki 30 kesatuan suku bangsa yang berbeda. Setiap wilayah di Indonesia memiliki ke khas-an tersendiri. Hal ini dapat menjadi suatu tahapan awal untuk pariwisata luar biasa di Indonesia. Bagaimana pengelolaan yang ada di Indonesia dapat di dukung dengan komponen yang baik. Dari mulai pemenuhan sarana prasarana yang mendukung hingga apresiasi pada keberagaman yang telah ada.
Andre Ata Ujan dkk,2009 : 34 mengutarakan bahwa keanekaragaman budaya itu tidak mengandaikan satu perbedaan yang tidak terjembatani. Hal itu merupakan sebuah proses perbaikan yang ada di Indonesia bahwa bangsa yang memiliki keberagaman budaya bukan berarti terpecah belah. Namun dengan adanya berbagai pengelolaan dapat di dijadikan sebuah modal Indonesia yang tak ternilai harganya.
Paham tentang keberagaman budaya memang harus melalui proses. Tidak dapat di pungkiri pula permasalahan yang ada berawal dari perbedaan pola pokir dan tindakan setiap kelompok yang ada. Hal ini dapat terjadi dengan banyak alasan dari mulai faktor keturunan,kebutuhan dan hubungan sosial.
Indonesia terdiri dari berbagai keragaman budaya,harus adanya kegiatan dan pranata khusus untuk setiap elemen masyarakatnya. Adanya paham mengenai pluralisme yang sifatnya untuk saling menghargai dan mengkormati satu sama lain. Perbedaan dapat berfungsi penting untuk mempertahankan dasar identitas diri dan integrasi sosial masyarakat. Namun dengan adanya pluralisme kita dapat hidup berdampingan walau berbeda dengan saling menghormati. Hingga keberagaman Indonesia menjadi kekayaan budaya Indonesia yang merupakan sebuah kebanggaan tanpa adanya egoisme kepentingan golongan atau lebih luas untuk kepentingan politik semata.
Kesatuan Indonesia dalam bentuk bangsa merupakan hal yang wajib untuk selalu di jaga. Hal itu dapat di mulai dengan meningkatkan toleransi dan apresiasi antarbudaya. Adanya usaha untuk pengenalan ciri khas budaya tertentu hingga mulai adanya advokasi untuk pengertian tentang pemahaman tentang kulturalisme. Peran media massa juga penting , yaitu dengan adanya komunikasi dan menampilkan informasi apresiatif terhadap budaya masyarakat lain.
Pada dasarnya pendidikan merupakan proses humanisasi dalam hal ini menekanan pembentukan mahkluk sosial yang mempunyai otonomi moral dan kedaulatan budaya. Hingga pada dasarnya manusia dapat melakukan pengelolaan terhadap konflik , menghargai kemajemukan dan permasalahan silang budaya. Hingga adanya pendidikan dari mulai keluarga, sekolah hingga lingkungan di sekitarnya dapat mendidik individu di Indonesia untuk dapat menghargai perbedaan.
Keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia ini dapat menjadi alat pemersatu bangsa. Pada contohnya adanya pagelaran budaya. Pagelaran budaya yang dapat di contohkan kemarin adalah pembukaan dan penutupan Sea Games yang terselenggara dapat menjadi tolak ukur begitu luar biasanya Indonesia dengan keberagaman budayanya. Dapat kita tau bahwa pada detik itu Indonesia berada pada satu titik dimana nasionalisme hingga kebanggaan jadi satu dalam gempita lampu dan semaraknya acara yang diselenggarakan sebagai salah satu ajang pengenalan budaya Indonesia pula.
Hal tersebut tidak lepas dari peran media. Media yang penting untuk adanya pertukaran informasi bukan hanya dari dalam negeri namun hingga ke luar negeri. Tak ada lagi sekat negara dan jarak jika sudah ada media. Bagaimana internet menjadi mudah di akses dan itu menjadi salah satu ajang promosi untuk dapat lebih menarik pengunjung dan wisatawan hingga meningkatkan ekonomi dan pendapatkan sekitar. Hingga terjadi korelasi dengan ekonomi masyarakat yang ada di Indonesia.
UNESCO pada tanggal 20 november 2011 yang di kutip dari Harian Kompas menyebutkan telah adanya deklarasi untuk menjaga keragaman budaya yang di adakan di Paris ,Prancis. Deklarasi tersebut mempunyai dua tujuan yaitu untuk melestarikan keanekaragaman budaya sebagai harta yang wajib di jaga dan tidak boleh dianggap warisan yang tidak berubah melainkan sebuah proses yang menjamin kelangsungan hidup manusia. selain itu juga untuk menghindari segregasi dan fundalisme yang menghalalkan perbedaan atas nama kebudayaan yang bertentangan dengN Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.
Di Indonesia , keberagaman memiliki estetika tersendiri dalam tatanan kehidupan, sehingga nilai kebudayaan semakin berkembang. Sehingga menjaga adanya keragaman bersama adalah tugas seluruh komponen masyarakat. Aset bangsa yang tak ternilai ini menjadi salah satu kebanggaan yang akan menjadikan Indonesia lebih dari sebelumnya. Dengan adanya dukungan dari pemerintah khususnya untuk mengelola tempat pariwisata sehingga menjadi memajukan ekonomi masyarakat dan juga derajat bangsa.

1 comment: