Wednesday, April 17, 2019

Pengertian Komunikasi Menurut Ahli & Akademisi

Secara terminologis, kita menemukan banyak definisi komunikasi, namun intinya sama: penyampaian pesan atau informasi dari satu piha (komunikator) ke pihak lain (komunikan) untuk memberi tahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku baik langsung maupun tidak langsung.
Berikut ini definisi atau batasan pengertian komunikasi menurut para ahli dan akademisi. Kita mulai dari definisi komunikasi “legendaris” dari Laswell.
Harold Lasswell: komunikasi adalah siapa mengatakan apa melalui saluran apa kepada siapa dengan efek apa (Who says what in which channel to whom with what effect).
Everett M. Rogers: komunikasi adalah proses pengalihan ide dari satu sumber ke satu penerima atau lebih dengan tujuan agar mengubah tingkah laku.
James A. F. Stoner: komunikasi adalah suatu proses pada seseorang yang berusaha untuk memberikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.
A. W. Widjaya: arti komunikasi adalah hubungan kontak antar dan antara individu maupun kelompok.
Anderson: pengertian komunikasi adalah rangkaian langkah serah terima maksud yang terjadi dengan dinamis serta konstan berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.
Lexicographer: definisi komunikasi adalah upaya yang bertujuan untuk memberi dan meraih kebersamaan. Tujuan yang ingin diinginkan kedua beluah pihak akan tercapai bila mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang selaras tentang informasi yang saling ditransfer.
Hoben: komunikasi adalah suatu proses transfer pemikiran maupun ide dan gagasan yang diutarakan secara lisan.
Redi Panuju: komunikasi adalah arus sistem yang melekat serta kinerja antar bagian-bagian organisasi yang mengeluarkan suatu keharmonisan.
Murphy & Mendelson: pengertian komunikasi adalah sebuah upaya yang dilakukan untuk mempertahankan dan menjalin hubungan interpersonal.
Rogers & D. Lawrence Kincaid: komunikasi adalah sebuah tahapan dimana dua orang atau lebih saling bertukar informasi satu sama lain, yang pada pokoknya akan muncul saling pengertian yang bersifat mendalam.
Shannon & Weaver: pengertian komunikasi adalah wujud interaksi manusia yang keduanya ada ikatan dan saling mempengaruhi satu sama lain, baik sengaja atau tidak sengaja. Komunkikasi tidak hanya dalam bentuk verbal saja, namun termasuk ekspresi muka, teknologi dan lukisan seni.
Raymond S. Ross: pengertian komunikasi adalah sebuah proses menyaring, memilah, dan memberikan berbagai simbol dalam bentuk sedemikian rupa yang mana dapat memudahkan penyimak membangkitkan arti maupun respom dari fikiran yang sama dengan yang dikehendaki komunikator.
William Albig: komunikasi adalah rangkaian tahapan transfer kata yang memiliki makna yang dilakukan oleh antar individu ataupun lebih.
William I. Gordon: pengertian komunikasi adalah sebuah pertukaran dinamis yang meliputi perasaan serta gagasan.
Djenamar: pengertian komunikasi adalah seni dalam menyampaikan gagasan, informasi, yang dilakukan seseorang terhadap orang lain.
Ruben (dalam Muhamad, 2005:3): komunikasi adalah suatu proses melalui mana individu dalam hubungannya, dalam kelompok, dalam organisasi dan dalam masyarakat menciptakan, mengirimkan, dan menggunakan informasi untuk mengkoordinasi lingkungannya dan orang lain.
Sarah Trenholm & Arthur Jensen: komunikasi adalah suatu proses di mana sumber mentransmisikan pesan kepada penerima melalui berbagai saluran).
Bernard Berelson & Gary A. Steiner: komunikasi adalah transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan, dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, dan sebagainya. Tindakan atau proses transmisi itulah yang biasa disebut komunikasi.
Hani Handoko: komunikasi adalah suatu proses pemindahan informasi atau pengertian berbentuk gagasan kepada orang lain dari seseorang. Perpindahan pengertian ini tidak hanya melibatkan kata-kata, tapi juga intonasi, ekspresi wajah, dan lain sebagainya agar proses pertukaran informasi tersebut berhasil.
Soewarno Handaya Ningrat: pengertian komunikasi adalah hubungan atau interaksi yang dilakukan oleh sesama manusia agar bisa saling pengertian.
Sukanto Reksodiprojo: komunikasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk bisa menginterprestasikan pendapat sesuai dengan yang dikehendaki kepada orang lain dan sebaliknya dengan harapan dapat memperoleh titik kesamaan untuk saling mengerti satu sama lain.

No comments:

Post a Comment