Tuesday, April 16, 2019

LATIHAN SOAL KEJURUAN ADMINISTRASI PERKANTORAN


1.       Pengertian Administrasi dari segi etimologis adalah .............
a.       Kegiatan memberdayakan sumber daya alam
b.      Kegiatan menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan
c.       Kegiatan memberi bantuan dalam mengelola informasi, mengelola manusia, mengelola harta benda, kearah suatu tujuan yang terhimpun dalam organisasi.
d.      Kegiatan menyediakan data dan informasi
e.      Kegiatan memanejerial sistem

2.       Dalam bahasa Belanda administrasi berasal dari kata “administratie” yang artinya..........
a.       Tata usaha
b.      Kegiatan catat mencatat
c.       Kegiatan menghitung
d.      Mengelola
e.      Mengatur

3.       Dibawah ini yang tidak termasuk unsur-unsur administrasi adalah........
a.       Perngorganisasian
b.      Manajemen
c.       Perencanaan
d.      Perbekalan
e.      Keuangan
Pembahasan :
Menurut The Liang Gie, administrasi terdari 8 unsur, yaitu :
a.    Organisasi. Dalam organisasi dikelompokkan orang2, tugas2, wewenang, dan tanggung jawab serta hubungan diantara orang2 atau unit2 tugas tsb.
b.    Manajemen. Rangkaian perbuatan menggerakkan orang2 dan segala fasilitas yang ada untuk mencapai tujuan.
c.    Komunikasi.
d.    Kepegawaian.
e.    Keuangan
f.     Perbekalan
g.    Tata Usaha
h.    Hubungan Masyarakat

4.       Kegiatan memastikan bahwa sasaran dan hal yang direncanakan berjalan sesuai dengan harapan dan target adalah.....
a.       Office planning
b.      Office organizing
c.       Office actuating
d.      Office controling
e.      Office management
Pembahasan :
Kegiatan perkantoran terdiri dari :
a.    Office Planning (Perencanaan) Proses menentukan arah kegiatan kantor dengan peninjauan kembali terhadap faktor2 yang mempengaruhi tercapainya tujuan kantor.
b.    Office Organizing (Pengorganisasian) pembagian tugas
c.    Office Actuating (Penggerakkan). Kegiatan meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal sesuai dengan target dan sasaran yang telah ditentukan.
d.    Office Controling (Pengawasan). Kegiatan memastikan pekerjaan dan sasaran sesuai target yang telah ditetapkan.

5.       Kegiatan menghimpun, mencatat, mengolah, menggandakan, mengirim dan menyimpan keterangan yang diperlukan adalah arti dari...........
a.       Tata usaha
b.      Humas
c.       Manajemen
d.      Perbekalan
e.      Komunikasi

No comments:

Post a Comment