Tuesday, February 15, 2011

Memaknai kehidupan


Memaknai kehidupan adalah sebuah realitas yang sebenarnya sebuah pemikiran yang pastinya pernah sesekali mampir dibenak setiap orang. Mengapa harus melakukan sesuatu dan mengapa kita harus bertindak sesuatu. Hal itu sama saja maknanya dengan berusaha mempelajari apa yang sebenarnya terjadi.

Setiap kejadian pastilah ada asal muasalnya. Dan setiap asal ada sebabnya, seperti itu kiranya aku menganalisis keadaan. Beberapa orang di sekitarku kenarin begitu memukau. Benar. Rapat kerja itu membuat pemikiran kami tercurah pada satu titik. Per departemen memberikan yang terbaik, agenda dan pemikiran mereka sungguh luar biasa. Sejenak aku tak hanya terpukau namun juga mengambil kesimpulan bahwa dengan tekanan keadaan sebagai manusia terkadang bisa menunjukan kinerja yang maksimal. 

Hampir seperti saat ujian, saat kita diharuskan untuk menghadapi soal yang telah kita pelajari setelah beberapa waktu. Kita dituntut untuk menyelesaikannya dengan sesempurnya mungkin bukan? Dan pengharusan atau tekanan itu yang membuat kita mencatat, mencari buku bahkan sampai begadang, dan kalo kepepet yah menyontek dengan segala resiko yang ada demi mendapat nilai yang maksimal. Pernahkan berpikir bahwa itupun kita telah berusaha maksimal untuk sesuatu.

Begitu pula dengan  menjalani kehidupan. Memaknai kehidupan berarti juga menelisik arti dari kehidupan itu sendiri sekaligus merumuskan tujuan. Dengan semangat dan tujuan yang ingin di capai maka tekanan itulah yang akan membuat kita memaksimalkan apa yang kita punya.

Solusi cerdas untuk bukan hanya sekedar hidup itu melalui detik, jam dan hari untuk menanti hari berikutnya. Bukan. Hidup bukan hanya untuk hidup hari ini dan untuk melewati hari depan. Namun hidup adalah bagaimana kita mengambil makna dan kebenaran dari masalalu, bertindak dan melakukan yang terbaik di masa kini serta merencanakan masa depan sebagai tujuan.

Dengan adanya pemaknaan hidup kita tidak akan tega melakukan hal yang sia-sia walau hanya sedetik untuk terbuang percuma. Karena hal yang utama adalah mempersiapkan diri untuk hari depan, untuk mencapai tujuan yang kita rumuskan.

Keep spirit for future.. :D

No comments:

Post a Comment