Saturday, May 16, 2020

SOAL OTKP ATAU ADMINISTRASI PERKANTORAN 1

Buku yang digunakan untuk mencatat pendistribusian surat adalah...
A. Disposisi
B. Buku Jurnal Surat Keluar
C. Buku Jurnal Surat Masuk
D. Buku Ekspedisi
E. Buku Direktori

Jawabannya adalah Buku Ekspedisi

Penjelasan

Disposisi adalah instruksi singkat tentang tindak lanjut / penyelesaian surat masuk. Disposisi dibuat oleh pimpinan untuk staff atau bawahan sesuai dengan bidang keahlian atau otoritas mereka.

Buku Jurnal Surat Keluar / Surat Masuk lebih familiar kita sebut dengan Buku Agenda Surat Masuk/ Keluar adalah catatan untuk pengelolaan surat masuk dan surat keluar. Buku ini digunakan oleh sekretaris / arsiparis sebagai catatan agar dapat menemukan surat dengan cepat dan tepat.

Buku Ekspedisi adalah Buku pengantar surat atau buku yang digunakan untuk mencatat pendistribusian surat. Buku ini juga sebagai bukti penerimaan surat sehingga dapat menjadi tanda terima bahwa surat sudah sampai pada orang atau organisasi yang dituju.

Buku Direktori adalah Buku yang memuat koleksi atau rujukan yang memuat nama-nama atau organisasi yang disusun secara sistematis. biasanya menurut abjad, atau golongan dilengkapi dengan alamat, kegiatan dan data lain yang menunjang keterangan tentang nama atau organisasi tersebut.

No comments:

Post a Comment