Monday, May 4, 2020

Pengertian Dasar Kantor dan Pekerjaan Kantor

Sebelum bicara lebih jauh tentang administrasi perkantoran, terlebih dahulu kita bisa mulai dengan pengertian mendasar tentang kantor dan pekerjaan kantor. Mengapa ini penting? karena kantor dan pekerjaan kantor adalah jantung dari administrasi perkantoran.

Dalam bahasa belanda yaitu kantoor, perkataan kantor memiliki beberapa pengertian diantaranya :
#Ruang Kerja, Ruang Tulis
#Markas dimana seseorang pengusaha beserta staff-nya menjalankan usahanya
#Instansi, perusajaan, badan usaha

pengertian diatas menunjukkan bahwa kantor dapat berupa tempat atau gedung yang terdiri dari beberapa ruangan untuk melakukan pekerjaan tulis menulis dan didalamnya terdapat fasilitas penunjang pekerjaan.

Sedangkan, pekerjaan kantor adalah sebuah penunjang penting dalam bergeraknya sebuah organisasi. Pekerjaan kantor dalam bahasa Inggris disebut dengan Office work, Clerecal work( pekerjaan tulis) dan papaer work yaitu segenap rangkaian aktifitas menghimpun, mencatat , mengolah, mengagendakan, mengirim dan menyimpan keterangan-keterangan yang diperlukan dalam setiap usaha bersama.

Rangkuman dari tulisan di atas adalah kantor sebagai tempat serta pekerjaan kantor adalah jantung organisasi dapat berjalan. Organisasi tidak dapat bergerak secara sistematis apabila keduanya tidak bersinergi sesuai dengan tempat dan kapasitasnya.

(diambil dari buku menggunakan peralatan kantor jilid 1 smk dengan narasi tambahan)

No comments:

Post a Comment