Wednesday, December 4, 2013

Berbincang ~

Sisi kehidupan yang akan membawa kita pada pandangan dan pendapat kehidupan.
Berbincang adalah salah satu cara saya untuk melihat karakter seseorang. Menyenangkan bisa menebaknya dari gaya berbicara dan kata yang dipilih seseorang. Dari mulai caranya berkata, gerak nya mengisyaratkan sesuatu hingga kata yang dipilihnya. Itu akan mencerminkan banyak hal yang membuat saya tahu apa yang sebenarnya di katakan dan di sembunyikan seseorang.

Mungkin kepekaan ini menurun dari ibu. Seperti analisis kami terhadap banyak hal, bukan berarti membicarakan orang lain tentunya. Hanya kami memang suka menerka tentang apa yang menarik tentang sesuatu hal baik itu tentang isu terkini sampai seseorang. Berbagi pendapat itu berlangsung hingga kemudian menlengkapi hidupku dengan satu keputusan besar kemarin.

Dan dari salah satu kepekaan itu juga mungkin saya mudah dekat dengan seseorang. Mengerti dan memahami adalah suatu hal yang tidak semua orang mampu melakukannya. Hingga akhirnya kita lebih memilih untuk tidak perduli dengan orang lain. Contoh paling sederhana. Bagaimana kita mendengarkan lawan bicara kita misalnya.

Hal itu menjadi salah satu lebihan namun terdapat kekurangan pula di situ. Dan nampaknya menjadi salah satu kekurangan saya juga. saya kurang mampu menutupi apa yang menjadi perasaan dan pikiran saya. Misalnya ketika saya kurang menyukai seseorang atau tidak sependapat, itu akan begitu terlihat di paras hingga sikap saya. Hal itu tentunya seuai mood juga. karenanya saya kadang tidak begitu akur dengan seseorang karena kadang tak dapat mengendalikan sikap itu memang. Saya perlu banyak belajar.


Namun kepekaan itu membuat saya belajar banyak hal dari seseorang. Siapapun orang itu. Baik yang baru di kenal, yang sudah lama atau yang selama ini berada di samping saya. Hal yang baru pasti akan saya temui di sana. hal itu pula yang selama ini menjadi sebuah pembelajaran hidup yang tak akan hanya sekedar berlalu dalam kehidupan saya. Karena setiap orang yang ada baik yang singgah maupun yang kini tinggal di kehidupan saya adalah orang-orang pilihan dan istimewa. 

No comments:

Post a Comment