SISTEM PENGELOLAAN ARSIP / SISTEM PENYIMPANAN ARSIP
Pertanyaan
Apabila sebuah perusahaan mempunyai lingkup arsipnya
meliputi wilayah yang luas atau mempunyai penekanan pada wilayah dalam
penyimpanan arsipnya, maka system kearsipan yang cocok adalah…
a. Sistem
geograpis
b. Sistem
kronologis
c. Sistem
abjad
d. Sistem
dewey
e. Sistem
subjek
Pembahasan
:
Dalam pengelolaan arsip menggunakan 5 sistem
kearsipan, yaitu :
a) Sistem
Kearsipan berdasarkan Abjad merupakan prosedur penyimpanan dan penemuan kembali
arsip berdasarkan urutan abjad. Untuk surat masuk, judulnya diambil berdasarkan
nama pengirim dan judul surat keluar berdasarkan nama alamat/penerima surat.
b) Sistem
kearsipan berdasarkan Geografis merupakan Filing sistem penyimpanan dokumen, berkas atau arsip
yang dijadikan pedoman dalam menemukan kembali arsip secara cepat yang
diselenggarakan berdasarkan daerah atau letak wilayah dari pengirim surat atau
wilayah yang dikirimi surat.
c) System
Numeric atau Sistem nomor adalah sistem penyimpanan dokumen yang berdasarkan
kode nomor sebagai pengganti dari nama orang atau nama badan.
d) Sistem
kearsipan berdasarkan subjek merupakan sistem penyimpanan dan penemuan kembali
arsip berdasarkan masalah/ pokok isi surat. Dalam hal ini surat-surat disimpan
berdasarkan perihal surat, misalnya surat ijin pegawai disimpan dalam kelompok
surat ijin, surat tentang keuangan disimpan di kelompok keuangan, dan
sebagainya.
e) Sistem
kearsipan berdasarkan tanggal (kronologis) adalah sistem penyimpanan dan
penemuan kembali arsip berdasarkan tanggal, bulan dan tahun arsip tersebut
dibuat.
Dalam hal ini surat-surat disimpan berdasarkan
tanggal surat, misalnya surat yang di buat tanggal 10 Maret 2007 disimpan dalam
laci filing cabinet (lemari arsip) tahun 2007, guide (penunjuk arsip) Maret
Comments
Post a Comment