Wednesday, May 18, 2011

Inspiring today : Menjadi hebat tak harus selalu jadi pemenang

Hal terbaik yang kita inginkan memanglah menjadi seorang pemenang. Seseorang yang menjadi kebanggaan dan dianggap paling berpengaruh dari segala sisi kesenjangan. Namun coba pikirkan hal lain yang bahkan lebih menarik dari sekedar menang yaitu menjadi bermanfaat. Bagaimana diri kita menjadi orang yang dipandang bukan karena kita menjadi yang terbaik saja namun lebih dari itu. Karena kita dianggap memiliki kontribusi di kehidupan mereka.
Dan hal yang paling mudah dilakukan adalah kita sebagai seseorang maupun sebagai pihak yang menyesuaikan diri ke mereka adalah kita menjadi pihak yang memberikan motivasi atau semangat yang membuat orang yang berada di dekat kita memiliki alasan untuk selalu ada di sekitar kita. Motivator yang paling baik adalah motivasi yang di berikannya juga dapat di aplikasikan secara nyata di kehidupannya.
Dan menjadi hebat delain menjadi sesorang yang bermanfaat dan berpengaruh adalah menjadi seseorang dengan banyak inspirasi di hidupnya bahkan tiupan anginpun dapat memberikannya berbagai perenungan maka belajarlah untuk merenungi setiap segi kehidupan yang anda miliki.

Aku bukan milikku

Terlampir malam
Yang mencoba menguak arti
Kehidupan
Dan kekhasan pagi
Menghentikan lelapku
Menembus kantukku
Dan air wudhu
Jadi obatku..

Aku cukup tahu
perintahMu..
tertunduk..
berbisik akan segalanya..
keluarga hingga hariku
tentang hidup yang terkadang
membuatku terbuai tanpa syukur..

aku bukan milikku..
raga ini kan rapuh dan berkalang tanah
suara ini kan menggema dan menjadikan sunyi berbias
pernahkan aku melupakannya..

begitu sombongnya aku tak mengingatNya..
aku terbungkam dalam sujudku
memohon ampun..
dan semoga..

senja sore ini...
ada yang pernah menerka..
bagaimana sang surya bisa memberikan kesan beditu indah

Aku bukan milikku

Terlampir malam
Yang mencoba menguak arti
Kehidupan
Dan kekhasan pagi
Menghentikan lelapku
Menembus kantukku
Dan air wudhu
Jadi obatku..

Aku cukup tahu
perintahMu..
tertunduk..
berbisik akan segalanya..
keluarga hingga hariku
tentang hidup yang terkadang
membuatku terbuai tanpa syukur..

aku bukan milikku..
raga ini kan rapuh dan berkalang tanah
suara ini kan menggema dan menjadikan sunyi berbias
pernahkan aku melupakannya..

begitu sombongnya aku tak mengingatNya..
aku terbungkam dalam sujudku
memohon ampun..
dan semoga..

senja sore ini...
ada yang pernah menerka..
bagaimana sang surya bisa memberikan kesan beditu indah

Pertemuan

Kicau burung mengiringi pagi
Terbit dengan sinarnya dan paras kekuningan hari
Tersenyumnya nmentari
Selepas hujan semalam..
Penuh derai derai permintaan..
Ahh..
Sudahlah..
Percuma ..
Semua telah ku azzamkan padaNya..

Lengkahku menyusuri tikungan demi tikungan
Ada yang menyelinap..
Kenangan masa kecil dan keabadian
Langkah mungil
Dengan riang dan senyuman
seperti melihat siluet hidupku sendiri
dan ternyata..
segalanya tlah berlalu..

langkahku tak lagi mungil
diru tak lagi seorang bocah..

hari mengijinkanku kembali meneteskan airmata
menengggelamkan diri pada renungan..
untuk apa aku hidup.. dan..
mengapa aku dilahirkan..

Allah..
Aku ada dijalanMu...

Seperti melintasi masa..

Tak teraba olehmu
Wahai manusia..
Apa yang tersembunyi dan apa yang akan terjadi..
Sama atau ta..
Mereka hanya menyendap dan menyongsong titah
Dunia hanya sebentar
Sekedip dan tak membekas
Temukai titah Tuhanmu..
Yang kerapp kau tinggalkan..
Yang sering kau abaikan
Sinar..
Tak berarti apapun
Ketika bukan dari syurga,,

Monday, May 16, 2011

KEPEMIMPINAN


Menurut Prof Dr Nanang Fathah M. Pd dalam modul 83 kb 1 UT 2007 Kepemimpinan hendaknya dipandang sebagi sesuatu yang wajar saja yaitu pola perilaku manusia dalam upaya mencapai tujuan . dalam prosesnya kepemimpinan merupakan upaya untuk memberikan dan menerima segala bantuan, kondisi yang ada serta tekanan-tekanan dalam upaya menetapkan tujuan-tujuan yang sudah dirumuskan. Dalam konsep ini kepemimpinan merupakan pola hubungan dan bentuk kerja sama antar orang-orang yang dinamis yang mempu memberikan rangsangan dalam memberi arah kelompoknya. Jadi kepemimpinan dalam kontek pembaharu adalah kepemimpinan yang memiliki visi dengan kepekaan, kemampuan dan kemauan untuk memahami visi yang berkembang, nilai yang berubah dan tantangan yang harus dihadapi. Rollin B. Posey mengatakan bahwa seorang pemimpin harus :
a) Memiliki informasi yang banyak dan luas
b) Mempunyai pendapat dan pendirian yang jelas tentang segala masalah baik di dalam maupun di luar bidang aktivitasnya.
c) Mempunyai kepercayaan dan teguh terhadap dirii sendiri
d) Mempunyai keahlian dalam mengutarakan mendapat atau isi hati
e) Mempunyai kesediaan yang besar untuk memikul tanggung jawab
Kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan dengan melihat dari status dan cara oengangkatannya termasuk kedalam status leader atau formal leader yang kedudukannya memainkan peranan sebagai pemimpin pendidikan pada sekolah yang menjadi tanggungjawabnya. Oleh karena itu, sebagai pemimpin harus :
1. Dituntut tingkat kemampuan memimpin
2. Keterampilan menjalankan kepemimpinannya
3. Memiliki sikap / perilaku yang menempatkan sebagai panutan
4. Membangun komunikasi dengan anggota
5. Kemampuan mengambil keputusan yang tidak mengganggu struktur individu

Dalam kontek persaingan mutu dimana paradigma perubahan menekankan kelangsungan hidup organisasi sangat ditentukan oleh mutu, tanpa mutu organisasi akan mati maka pemimpin dituntut memiliki karakteristik berikut :
1. Memiliki visi yang kuat dan mampu merencanakan masa depan berkaiatan dengan kemungkinan-kemungkinan perubahan yang akan terjadi 5-10 tahun mendatang
2. Selalu berorientasi untuk menghasilkan kinerja organisasi sekolah yang bermutu tinggi
3. Menyelaraskan antara kompensasi dengan tingkat kinerja
4. Menciptakan mitra kerja berdasarkan kolabolarasi secara intensif dan bermutu
5. Memiliki loyalitas pada etika kerja
6. Mampu merencanakan kerja dengan cermat dalam upaya kesinambungan kepemimpinan
Pola-pola kepemimpinan tradisiomal yang kurang baik harus ditinggalkan . masalah masalah dalam organisasi harus dihindari karena masalah merupakan perusak arus kerja normal organisasi sedangkan perubahan kerja sederhana tidak akan mempengaruhi kerja rutin organisasi.
Kepemimpinan yang dibutuhkan dalam kerangka mutu adalah seorang pembangkit , profokator (yang posifit) ,penghadang (yang membahayakan), penantang (penyemangat), pengarah , penyuluh, pendidik, pelatih , dan pembesar hati anggotanya.
Dalam menjalankan fungsi kepemimpinannya pemimpin dituntut untuk memiliki keterampilan-keterampilan dalam kepemimpinannya . menutut Robert Katz ada tida yang harus dimiliki seorang pemimpin , meliputi :
1. Human Relation Skill : kemampuan berhubungan dengan bawahan bekerja sama menciptakan iklim kerja yang menyenangkan dan kooperatif
2. Teknical Skill : kemampuan menerapka ilmu dalam pelaksanaan secara operasional dalam rangka mendaya gunakan sumber-sumber yang ada
3. Conceptual Skill : kemampuan melihat sesuatu secara keseluruhan , kemudian merumuskannya seperti proses pengambilan keputusan kebijakannya
Indikator Kepemimpinan Mutu yang Efektif Di Sekolah Dasar
Menurut Prof Dr Nanang Fathah M. Pd dan Prof Dr Moh Ali M. Pd dalam MBS UT 814 menuliskan : masih banyak ditemukan sosok kepala sekolah yang belum mengerti artinya perubahan dan tak tahu apa yang seharusnya diperbuat untuk sekolahnya
Efektivitas dalam kepemimpinannya digambarkan 10 komitmen yaitu :
1. Selalu berusaha mencari peluang-peluang menantang
2. Berani mencoba dan bersedia mengambil resiko
3. Memimpin masa depan
4. Membina kesamaan visi
5. Menggalang kerjasama
6. Memperkuat mitra kerja
7. Menunjukkan keteladanan
8. Merencanakan keberhasilan bertahap
9. Menghargai setiap peran Individu
10. Mensyukuri setiap keberhasilan
11. Imajinatif dan kreatif
Ciri-ciri seorang pemimpin yang kreatif tercermin dari fariabel-fariaber berikut :
1. Gemar mencoba-coba
2. Penuh perhartian
3. Panuh keingin tahuan
4. Dapat menerima dan menghargai perbedaan
5. Kebal terhadap ambiguitas (tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan)
6. Bersedia menghadapi resiko
7. Bebas dalam menilai berpikir bertindak
8. Membutuhkan dan memperjuangkan otonomi
9. Mandiri
10. Gigih
11. Memiliki misi
12. Menciptakan visi
13. Menaruh kepercayaan kepada bawahan
14. Berani mengambil resiko
15. Ahli dan provesional
16. Mengerti hal-hal esensial
17. Pendengar yang baik
18. Guru dan pembimbing
Selama ini , pemimpin hanya menitik beratkan pada produk atau hasil dari suatu proses tanpa menghiraukan faktor-faktor yang mendukung . pemimpin dikatakan berhasil apabila ia dapat mengupayakan secara optimal pencapaian tujuan-tujuan yang ada dalam organisasi termasuk prestasi dari pencapaian prestai organisasi itu sendiri. Pimpinan dikatakan efektif apabila kepemimpinannya kreatif dan inovatif
Aspek – Aspek Yang Berpengaruh Dalam Kepemimpinan Mutu Sekolah
Peranan seorang pemimpin dapat dirumuskan dalam 13 peran(Purwanto 1998 MBS 822 UT 2007) :
1. Executive : pelaksana : mampu menjalankan / memenuhi kehendak kelompoknya
2. Planner : perencana : pandai membuat perencanaan
3. Expert : seorang ahli : memiliki keahlian yang berhungan dengan tugas jabatan
4. Representative : perwakilan : mewakili kelompok dalam tindakannya keluar ( external grup representative ) menyadari tindakannya sebagi guru dan sebagai pimpinan.
5. Purveyor of rewards and punishmen, pemberi ganjaran atau pujian dan hukuman
6. Orbitrator and mediator : wasit dan penengah , tegas , tidak pilih kasih, tidak memenangkan salah satu orang atau kelompok
7. Controller : pengawas , hubungan antara anggota kelompok (control of internal relationship) menjaga dan membengun hubungan yang harmonis antar anggota kelompok.
8. Exemplar : bagian dari kelompok : segala perilaku dan tindakannya merupakan begian dari kelompok
9. Simbol Of The Group / Lambang Kelompok : baik buruk kelompok tercermin dari dirinya
10. Surrogate for Individual Reponsibility : pemegang tanggung jawab para anggota kelompoknya
11. Ideologist : pencipta
12. Father Figure : figur ayah (ibu) seorang yang melindungi
13. Prudence : berhati-hati , bijaksana
14. Networking : jaringan kerja ,hubungan baik
15. Supporting : dukungan , ramah , simpatik, membentu karier anggota, dll
16. Managing Confliet and Team Building: mengelola konflik dan membangun tim kerjasama
17. Motivating : motivasi : memberikan dukungan kepada semua anggotanya dengan menyentuh sisi emosional, nilai , dan norma yang di anut
18. Reconzing and Reward :mengekspresikan penghargaan dan menyesuaikan pujian dengan hasil pekerjaan orang.
19. Planning and Organising : mampu merencanakan dan mengorganisasikan dengan baik
20. Problem Solving : mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah, memecahkan masalah secara sistematik , menemukan solusi dan mengiplementasikan solusi.
21. Consulting and Delegating : mengkonsultasikan perubahan, melibatkan bawahan, dalam mengambil keputusan
22. Monitoring Operation and Environmen : mengumpulkan informasi tentang kualitas pekerjaan
23. Performance : penampilan
24. Informing : menyediakan informasi tentang keputusan rencana dan kegiatan bagi yang membutuhkan
25. Clarifying Roles and Obyectives : menentukan peraturan pekerjaan bagaimana harus dilakukan dan mengkomunikasikannya dengan jelas , tujuan pekerjaan yang hendak dicapai, batas waktu dan penampilan pekerjaan
Memang tidak mudah menjadi pemimpin banyak tuntutan yang harus dipenuhi seorang nahkoda organisasi tetapi ketika tuntutan dapat terpenuhi secara realistis tugas pimpinan tidak menjadi berat lagi.

UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH


Strategi Peningkatan Mutu
Menurut W Edward Deming yang dikutip oleh Amin Wijaya Tunggal (1993:12) perbaikan mutu dapat dilakukan dengan :
1. Menciptakan keteguhan tujuan untuk perbaikan kualitas produk dan jasa
2. Berusaha untuk mengadopsi filosofi baru
3. Menghentikan ketergantungan pada inspeksi untuk mencapai mutu yang diharapkan
4. Mengakhiri praktek menghargai usaha hanya berdasarkan kartu kerja (price tag)
5. Meminimalisir biaya total dengan bekerja sama dengan pemasok
6. Memperbaiki secara terus menerus (continuous improvement) untuk setiap proses perencanaan,produksi dan jasa
7. Menginstruksikan atau melembagakan latihan kerja (training on the job)
8. Mengadopsi dan melembagakan kepemimpinan
9. Berusaha untuk menghindari ketakutan
10. Memecahkan hambatan yang terjadi diantara para staf
11. Menghilangkan slogan ,desakan, dan target untuk tenaga kerja
12. Menghilangkan quota numerikal untuk tenaga dan tujuan numerikal untuk manajemen
13. Memindahkan hambatan-hambatan yang merampas manusia dan kebanggan untuk kecakatan kerja (pride of workmanship)
14. Melembagakan suatu program pendidikan dan perbaikan diri yang penuh semangat untuk setiap orang.
15. Mengajak setiap orang dalam perusahaan bekerja untuk mencapai trasformasi
Langkah proses perbaikan mutu (the 14 quality improvement process) menurut Philips Crosby yang dikutip oleh Amin Wijaya Tunggal (1993:12) antara lain :
1. Membangun komitmen manajemen
2. Membuat kelompok perbaikan mutu
3. Melakukan penguatan mutu
4. Melakukan pengukuran mutu
5. Menghitung mutu (cost of quality)
6. Membangun kesadaran (awareness)
7. Membangun kebiasaan melakukan tindakan korektif
8. Membuat perencanaan “zero defect”
9. Memberikan pendidikan pada karyawan
10. Memberikan tujuan (goal setting)
11. Kesalahan menyebabkan perpindahan (eror cause removal)
12. Pengakuan (recognition)
13. Membentuk dewan mutu
14. Melakukan semuanya sekali lagi (do it all again)
Menurut Nurkholis (2003:78) untuk mengupayakan peningkatan mutu sekolah setidaknya melakukan hal sebagai berikut :
Meningkatkan ukuran prestasi akademik melalui
a) Mengadakan ujian nasional atau daerah yang menyangkut kompetensi dan pengetahuan
b) Memperbaiki konsep tes bakat untuk semua siswa
c) Membuat sertifikasi kompetensi dan profil portofolio
Membentuk kelompok sebaya untuk meningkatkan gairah pembelajaran melalui pembelajaran secara kooperatif
Menciptakan kesempatan belajar baru di sekolah dengan mengubah jam sekolah menjadi pusat belajar sepanjang hari dan tetap membuka sekolah pada jam-jam libur
Meningkatkan pemahaman dan penghargaan belajar melalui penguasaan materi dan penghargaan atas prestasi akademik
Membantu peserta memperoleh pekerjaan, bertindak sebagai sumber kontak informal tenaga kerja, membimbing siswa menilai pekerjaan-pekerjaan, membimbing siswa membuat daftar riwayat hidupnya dan mengembangkan portofolio pekerjaannya.

Upaya peningkatan mutu sekolah menurut Wohlstetter yang dikutip oleh Nurkolis (2003:80) antara lain :
1. Menetapkan secara jelas visi dan tujuan sekolah yang diharapkan
2. Memantapkan fokus tujuan nasional yang memerlukan perbaikan terus-menerus
3. Adanya paduan kebijakan dari pusat yang berisi standar kompetensi kepada sekolah
4. Tingkat kepemimpinan yang kuat dan dukungan politik dari pemerintah pusat.
5. Pembangunan kelembagaan (capacity building) melalui pelatihan dan dukungan kepada kelapa sekolah, para guru, anggota dewan sekolah
6. Keadilan dalam pendanaan atau pembiayaan pendidikan (sekolah)
Menurut Mulyana (2003:20) upaya peningkatan mutu sekolah dapat ditinjau dari fungsi-fungsi pendidikan yang ada di sekolah yang terdiri dari :
1. Perencanaan dan analisis kebutuhan sekolah serta evaluasi program sekolah secara menyeluruh dan berkelanjutan .
2. Mengembangkan (memperdalam , memperkaya, dan memodifikasi) kurikulum namun tidak bertentangan dengan kurikulum nasional yang sudah ada
3. Pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik (student centered) sehingga terjadi pembelajaran yang aktif dan reaktif
4. Pengelolaan ketenagaan secara profesional mulai dari analisis kebutuhan tenaga , rekrutment, pengembangan, sangsi, hingga evaluasi kinerja pegawai.
5. Pengelolaan keuangan secara rapi dan benar mulaidari pengadaan hingga pelaporan
6. Pengelolaan sarana danfasilitas mulai darianalisis kebutuhan , pengadaan, hingga pemeliharaan
7. Pengelolaan peserta didik mulai dari penerimaaan, perimbangan, pembinaan, penempatan sekolah lanjutan, penempatan kerja , pendataan alumni
8. Optimalisasi hubungan sekolah dengan masyarakat ditinjau dari keterlibatan , kepedulian, kepemilikan dan dukungan operasional, baik moral , maupun finansial
9. Dibuat iklim sekolah yang kondusif baik secara fisik maupun non fisik sehingga tercipta suasana pembelajaran yang efektif dan produktif.
Menurut Drs Abbas,M. Si dalam bukunya “wajah dan dinamika pendidikan anak bangsa” (108) menuliskan :
Para kepala sekolah diharapkan berperilaku profesional dalam hal mengelola satuan pendidikannya. Satu diantarabentuk nyata profesinalisme pengelolaan tersebut adalahmenjabarkan kebijaksanaan menjadi program nyata . Program tersebut dllahirkan melalui kajian terhadap visi, misi, tujuan pendidikan, menggunakan pendekatan komprehendif (melalui pola pikir bersistim dan dengan mempertimbangkan 4 aspek dengan terangkum dalam istilah kekepan (kekuatan,kelemahan, peluang dan tantangan) . selanjutnya di terapkan upaya/ strategi pencapaiannya untuk dijabarkan menjadi program sekolah . baru setelah itu disusun kegiatan-kegiatan sekolah yang nyata.
Menurut Prof Dr H Moph Ali, M. Pd ( M 525 UT.2007) menuliskan: keberhasilan strategi sangat bergantung pada kemampuan dalam kepemimpinan untuk membengun kemitmen , menhubungkan strategi dan visi yang tetap mengatur sumber-sumber yang mendukung terlaksananya strategi.
Sebuah alat untuk meninjau kembali kami berikan alat atau media yang disebut dengan analisis SWOT
S  Strength = kekuatan
W  Wealness = kelemahan
O  Opportunity = peluang
T  Threats = ancaman
SWOT =KKPA, merupakan strategi dengan memperhatikan (kekuatan dan kelemahan) dan kondisi eksternal sekolah (peluang dan ancaman) sehingga dengan menghetahui kondisi internal dan eksternal ini sekolah dapat mengetahui dimana posisinya , apakah sudah manju, sedang maju atau tertinggal dari sekolah lainnya
Perubahan
Mengapa harus ada perubahan?
Perubahan adalah suatu proses yang menjadikan sesuatu / situasi yang berbeda dengan yang sudah ada (prof Dr Nanang Faltah, M. Pd) perubahan mempunyai tujuan yang sifatnya penyesuaian diri dengan lingkungan agar tujuan organisasi sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat
Perubahan harus bermakna sebagai sebuah kebutuhan sekaligus keharusan agar tidak tertinggal sekolah sebagai sebuah organisasi terbuka yang keterkaitannya dengan masyarakat dan orang tua siswa sangat erat, hendaknya mampu menyerap aspirasi yang berhubungan dengan harapan-harapan mereka dan kearah harapan-harapan itulah peubahan dilakukan sehingga daya akuntabilitasnya kepada pelanggan semakin ditingkatkan
Perubahan di sekolah harus dilakukan dengan maksud untuk mencapai 5 hal fundamental yaitu
1. Mengoptimalkan layanan kepada siswa
2. Menargetkan untuk mencapai hal yang luar biasa
3. Meningkatkan produktivitas
Produktivitas KBM
Produktivitas pengelolaan sekolah
4. Mengonsolidasikan fungsi-fungsi yang ada dan menghilangkan hal-hal yang tidak perlu sehingga organisasi sekolah menjadi lebih efisien (demikian yang ditulis oleh Prof Dr Suyanto M.Pd. P.Hd dan Drs Ms Abbas M. Si dalam bukunya “Wajah dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa”

Indikator Sekolah Yang Bermutu

Menurut Prof Dr H Moh Ali, M. Pd dalam modul 5 . KB 2 PGSD UT.2007 menuliskan indikator-indikator keberhasilannya harus dapat menjawab hal-hal dibawah ini :
1. Spesifikasi lulusan / produk
2. Mutu layanan yang baik ( memperhatikan kondisi peserta didik, kecerdasan, kesehatan, minat dan bakat, suasana emosional dan motivasi belajar)
3. Kompetensi profesional guru
4. Kesediaan fasilitas belajar
5. Mutu kehidupan dan budaya organisasi
6. Ketertiban pengelolaan dana pendidikan
7. Pemberdayaan MBS (Manajemen Berbasis Sekolah atau School Baset Management). Indikator- indikator diatas akan memberikan implikasi kepada hasil pendidikan yang dapat diidentifikasikan sebagai berikut :
1. Peserta didik menunjukkan tingkat penguasaan yang tinggi terhadap tugas belajar sesuai dengan tujuan dan sasaran pendidikan sehinggan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.
2. Hasil pendidikan seuai dengan kebutuhan lingkungan.
3. Hasil pendidikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik sehingga dapat melakukan sesuatu untuk keperluan hidupnya dalam rangka menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakar.
4. Hasil pendidikan tidak mengakibatkan adanya pemborosan ekonomi maupun pemborosan sosial
5. Hasil pendidikan dapat menghasilkan sesuatu yang produktif
6. Hasil pendidikan dapat dipertanggungjawabkan dari segi kemampuannya
7. Hasil pendidikan memberikan sesuatu yang memenuhi spesifikasi dan bernilai tinggi sehingga mengakibatkan justifikasi uang yang dikeluarkan pemakainya
8. Hasil pendidikan dapat merespon kebutuhan masyarakat
9. Hasil pendidikan dapat dimanfaatkan dalam jangka yang relatif lama
10. Pendidikan dapat memberikan sesuatu yang menarik dan berseni
Menurut Depdiknas (2002 : 12) sekolah yang bermutu secara inklusif memuat elemen-elemen sekolah yang efektif (effective school) dapat diuraikan dengan pendidikan sistem yaitu berdasarkan pada input, proses dan output.
Input pendidikan
1. Sekolah memiliki kebijakan , tujuan dan sasaran mutu yang jelas
2. Memiliki sumber daya sekolah selalu tersedia dan siap di gunakan secara optimal
3. Memiliki staf sekolah yang berkompetensi dan berkualitas tinggi
4. Sekolah memiliki harapan prestasi yang tinggi
5. Sekolah selalu fokus pada managemen yang memadai.
Proses pendidikan
1. Proses menekan mengajar yang efektif dan menekankan internalisasi tentang apa yang akan diajarkan selain ditekankan pada belajar mengetahui (learning to know), belajar bekerja (learning to do), belajar hidup bersama (learning to life together) dan belajar menjadi diri sendiri (learning to be)
2. Kepemimpinan sekolah yang kuat , dalam hal ini kemampuan kepala sekolah untuk menggerakkan sumper daya sekolah guna mencapai tujuan.
3. Lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan tertib.
4. Pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif. Mulai dari analisis kebutuhan , pekerjaan pengembangan , evaluasi kerja, hubungan kerja hingga imbal jasa
5. Sekolah memiliki budaya mutu yang terdiri dari elemen sebagai berikut : informasdi kualitas harus digunakan untuk perbaikan , kewenangan sebatas tanggung jawab , penghargaan atau sanksi atas hasil, kolaborasi dan sinergi sebagai basis kerjasama , warga sekolah aman dengan perkerjaannya, penanaman keadilan, imbal jasa harus sepadan dengan nilai dan rasa kepemilikan sekolah
6. Sekolah memiliki teamwork yang kompak , serdas dan dinamis.
7. Sekolah memiliki kewenangan (kemandirian). Sekolah dituntut untuk tidak selalu tergantung pada atasannya.
8. Partisipasi yang tinggi dari warga sekolah dan masyarakat terhadap sekolah.
9. Sekolah memiliki keterbukaan (trasparansi ) manajemen
10. Sekolah memiliki kemauan untuk berubah (psikologi dan fisik)
11. Sekolah melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkelanjutan
12. Sekolah melakukan komunikasi yang baik baik secara internal maupun eksternal
13. Sekolah memiliki akuntabilitas sebai bentuk pertanggungjawaban yang harus dilakukan sekolah terhadap keberhasilan program yang telah dilaksanakan.
Output pendidikan
Output sekolah prestasi sekolah sihasilkan oleh proses pembelajaran dan manajemen di sekolah. Output sekolah dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
1. Output berupa prstasi akademik, misalnya NEM, lomba karya ilmiah dan lain-lain.
2. Output preatasi non akademik, misalnya keingintahuan yang tinggi, harga diri, kejujuran, kerjasama yang baik , rasa kasih sayang yang tinggi, toleransi dan lain-lain.

SEKOLAH YANG BERMUTU


Konsep Mutu
Menurut Gregory B Hutching yang dikutip Amin Wijaya Tunggal (1993:12) adalah Mutu (quality) adalah kesesuaian atau kecocokan dengan spesifikasi dan standar yang berlaku cocok atau sesuai atau sesuai untuk digunakan (fitnes for use) dan dapat menuaskan keinginan, kebutuhan dan pengharapan pelanggan dengan biaya kompetitif.
Menurut Nurkolis (2003:68) Mutu atau Kualitas diartikan sebagai suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia proses lingkungan yang memenuhi dan bahkan melebihi harapan
Menurut buku pedoman manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (Depdikbud 2002) disebutkan bahwa mutu adalah gambaran dan karakteristik yang menyeluruh dari barang dan jasa atau jasa yang menunjukan kemampuannya dalam memuaskan kebutuhan yang diharapkan atau yang tersurat. Dalam kontek pendidikan pengertian mutu mencakup input , proses dan output pendidikan
Menurut Garvin yang dikutip dari modus kegiatan 2. Aspek dan modifikasi mengindentifikasi 8 dimensi sebagai kerangka kerja untuk mempertinbangkan mutu , yaitu:
1. Perfarmen (grade of quality) karakterristik utama prosuk atau jasa .
2. Features “remote Controle” alat kendali
3. Reability- konsisten dan performa sepanjang waktu.
4. Durability suatu yang bertahan lama atau masa manfaat.
5. Servicebility sesuatu yang mudah deperbaiki
6. Aestheties sesuatu yang menarik dan berseni
7. Responsiveness- sesuatu yang memiliki ketanggapan yang tinggi
8. Reputasi-pertama masa lalu dan sesuatu yang tak berwujud yang lain (nama baik)
Konsep Sekolah Yang Bermutu
Menurut Hallinger yang dikutip oleh Nurkolis (2003:71) sekolah yang bermutu adalah sekolah yang mempersiapkan peserta didiknya menjadi pembelajar sepanjang hayat. Komunikasitor yang baik dalam bahasa nasional dan internasional , keterampilan seknalogi untuk lapangan kerja dan kehidupan sehari-hari. Siap secara koqnitif untuk perkerjaan dan permasalahan yang komplek jadi warga negara yang bertanggung jawab secara sosial,praktik dan budaya.
Menurut Prof Dr H Mohammad Ali, M. Pd dalam Modul 5 . KB2.PGSD 4408 . UT 2007 menuliskan,dalam konsep pengelolaan sebuah organisasi dapat dikatakan pengelolaan yang menyeliruh yang mengarahkan organisasi memperoleh unggulan-unggulan pada semua aspek dari produk atau jasa yang dihasilkan organisasi. Dalam pelaksanaannya tidak bisa membabi-buta untuk dapat mencapai mutu tertentu dalam upaya pemenuhan kepuasan konsumen . hal ini pada akhirnya akan menghalalkan segala cara dan perlu diingat bahwa fakta dan data yang ada tidak untuk pemenuhan kepentingan sesuatu atau pihak tertentu akan tetapi harus benar-benar akurat dan riil
Adapun dalam fakta yang akan memberikan pengaruh adalah meliputi :
Siswa :
1. Kemampuan
2. Lingkungan, termasuk lingkungan sosial , ekonomi budaya dan geografis.
3. Intelegensi, kepribadian, bakat dan minat
Guru :
1. Kemampuan
2. Latar belakang pendidikan
3. Pengalaman kerja
4. Beban mengajar
5. Motivasi kerja
6. Kontinen terhadap tugas
7. Disiplin
8. Kreativitas
Kurikulum :
1. Landasan program dan pengembangan
2. GBPP
3. Metode
4. Sarana
5. Teknik penilaian
Sarana dan preasarana pendidikan :
1. Alat peraga / alat praktek
2. Laboratorium
3. Perpustakaan
4. Ruang keterampilan
5. Ruang UKS
6. Ruang OR
7. Ruang Kantor
8. Ruang BP
9. Gedung dan perabot
Pengelolaan Sekolah :
1. Pengelolaan kelas
2. Pengelolaan guru
3. Pengelolaan siswa
4. Pengelolaan sarpras
5. Pengelolaan tata tertib
6. Kepemimpinan
Proses belajar mengajar :
1. Penampilan guru
2. Penguasaan kurikulum
3. Penggunaan metode mengajar
4. Pendayagunaan metode mengajar
5. Pendayagunaan alat
6. Penyelenggaraan PBM]
7. Pelaksanaan kegiatan kurikulum dan ekstrakulikuler
Pengelolaan Dana :
1. Perencanaan anggaran
2. Penggunaan dana
3. Laporan pertanggungjawaban
4. Pengawasan
Supervisi dan montoring :
1. Kepala sekolah sebagai supervisi di sekolah
2. Pengawas sekolahsebagai sepervisi
3. Pembina lainnya
Hubungan sekolah dengan lingkungannya :
1. Hubungan sekolah dengan orang tua siswa
2. Hubungan sekolah dengan instansi pemerintah
3. Hubungan sekolah dengan dunia usaha dan tokoh masyarakat
4. Hubungan sekolah dengan lembaga pendidikan lainnya

Saturday, May 14, 2011

sabtu pagi.... di kampus konservasi





merajut ukhwah lewat senyuman...






Subhanallah...
Alhamdulillah...

sesuatu yang tak akan bisa terulang dengan kata , dengan waktu, dengan rasa yang sama adalah moment, dan hal itu kini tengah ku nikmati dan ku syukuri adanya,~
semenjak mencoba mengurai diriku yang baru.. dengan keinginan dan penjelasan tentang kehidupan dan keoptimisan tahun demu takun aku mencoba merangkai posisi nyaman untukku berjuang dan berdakwah di jalanNya..
denyuman dan kekeluargaan itu terbangun ketika kita mau membuka diri. sesuatu yang kadang terlupakan adalah bagaimana kita menjadi sosok-sosok yang memaksimalkan apa yang kita miliki..
hmm aku tak tahu menahu soal orang lain dan orang lain juga begitu jika kita tidak membuka diri dan membuat perubahan yang berarti..

dan keterikatan ukhwah akan terjalin disana. suasana DET membuatku kembali ke masa lalu ketika SMA , ketika kami berkumpul di pentas seni dan saling melepas tawa lewat celetukan-celetukan khas remaja. kami mengurai kegelisahan juga. saat kami tak berpisah nanti, apa masih di jumpai kebersamaan seperti dulu..

dan faktanya iya.. faktanya semua terjalin dan terungkap disini, ada mereka yang memberiku semangat setiap waktu, ada canda dan tawa, ada *krik krik yang jadi ciri khas ku.. ada cara mereka memberikan perhatian dan keinginan untuk selalu bersama dan memberikan kesempatan.. ada yang memberikan perhatian dengan sembunyi-senbunyi.. ada yang lewat ice cream. jus jambu...

Allah sungguh memnyatukan kami dalam keterkaitan ukhwah yang memberikan segala yang ku inginkan tercapai dengan teratur satu per satu...
ada yang berharap ukhwah ini tak akan terputus, ketika perjuangan kedepan lebih menantang, bukan hanya sekedar memenangkan lomba rohis se-univ... hehehe
semua ini terangkai indah dalam kegiatan indah, dalam balutan ukhwah yang terinci..dalam senyuman..


semoga ini kan jadi sesuatu yang berarti nanti.. :)

beberapa waktu yang lalu sempat dikunjungi beberapa orang yang membuatku terisak sendiri ketika mengingat kebersamaan bersama mereka. aku tak tahu bagaimana mereka bisa menemukanku didini , kos ini, diriku, kampus ini, unnes, gunung pati dan semarang. sungguh membahagiakan ketika berbagai aktivitas mengharuskanku tetap siap siaga akan segala sesuatu . hal yang mereka lakukan ketika menggunjungiku bukan sekedar pelengkap hari namun lebih jauh aku bisa merasakan begitu erat ukhwah yang terjalin antara kami. masih ku ingat sholat tahajud itu, masih ku ingat ngaji bareng itu bahkan masih ku ingat kami berhujan" ria dengan berlarian hanya karena aku ingin basketan. dan tetep kami lakukan walaupun hanya dengan berbekal bola basket kami ber 5 menembus hujan menepiskan kegalauan dimasa menunggu kelulusan. dan kini setelah kami ber lima saling berpisah dan melangkah menuju mimpi masing-masing , hadiah mereka ketika menghampiriku di tengah kesibukan mereka adalah bingkisan indah..

dan mereka membawakan beberapa lembar kertas yang berisikan apa yang di lihat dan anggapan teman-teman tentang seorang arma..dan demikian salah beberapa dari itu..

arma itu....

  • seneng banget ngusilin orang, cuma bisa diem saat nulis.. hmm.... agak aneh memang.. (hehe.. miss u , maa)
  • orang yang paling sering bilang "aduhhhhhh jangan ujan"nan" tapiiiiiiiiii dianya malah ujan"nan ndiri.. dasar.. hehehe
  • pulangggggggggggglahh maaaa... hehe.. lebay nampaknya.. hmmm arma adalah orang yang paling suka ngerebut kunci motor saya... dan menaruhnya di gerbang sekolah.. (ngumpetin kok nggak ganti" to, mbak) heheheh
  • arma arma arma....... paling suka nulis, dan kalo udah nggak mod.. biasanya mojok di sudut kelas sambil ngedengerin mp3... selanjutnya anda tahu sendiri..
  • kalo di pmr dulu ni, dia paling seneng nungguin kelas ipa 2 .. ups... hehehehe katanya ada memedinya (pura"ngeless) hehe
  • mbakkkkkkkkkkkkkkk.... lipe youuuuuuuuuuu.......... ada beberapa orang yang nyebut kamu usil tapi aku sayang padamu ( karena cuma kamu yang mau ngerjain pr matematikaku) heheheh
  • arma itu kucing........... hahah..
  • arma itu............ice cream ........ (jauh jauh darikuuuuuuu kalo lagi bawa ice creamm)
  • arma itu musuh bebuyutannya DUREN.. hehe.. wong aneh , enak kok di musuhin.
  • arma itu....... paduan suara, pramuka, pmr, teater, drumband, nulis, jalan sendirian dan arma itu,,,, "kalo bawa duren gue nggak mau ke warung lai" heheh
  • arma itu.......bisik"bisik sambil bilang... kalo gue udah kuliah nanti, masih bisa ketawa lepas kayak gini gak ya..
  • arma itu.. curhatan...dan basket..
  • arma itu hujan.. sopo sing rangerti..
  • arma itu nyeng"nyeng.. ahahahha
  • arma itu sutradara teater... dan sutradara ngerjain orang yang lagi ulang tahun.... dan arma itu.. hobby banget makan ice cream

yahh...... ternyata begitulah arma... tapi siapa sih arma yang sebenernya.. yang tahu cuma Allah kali ya...

tapi kalian adalah yang terbaik.. kalianlah para pewaris bangsa yang akan menegakkan Indonesia dan kedaulatannya..

terima kasih kadonya.. spesial sekali...... :)

tahun ini special sekali......... :)

yang masih dan akan terus eksis .. :)





Upgrading FE : :)





ketika cinta menyapa... :)


tak berharap lebih saat anda menyapa catatan ini,~

sambil melirik penasaran dan berkata dalam hati

" ngapain lagi ni bocah??"

nggak nggak.... mbak, mas.. anda tak akan mendapatkan jawaban atas rasa penasaran anda disini,~ aku memang tengah jatuh cinta.. bukan. aku tengah bangun cinta.. dengan keseluruhan kata dan bingkisan Allah dalam hidupku..

Quran cantik yang selalu menemaniku dimanapun berada dan bagaimana memaknai setiap senyuman hingga tangis yang datang di setiap qiyamul lail..

betapa aku merasa begitu bahagia.. berada di posisiku saat ini,~

semoga tetap istiqomah pada cinta hanya untuk Allah..

sejenak kini aku tengah menatap langit, berpikir tentang berkehidupan.. dimasa lalu, saat ini dan hari kedepan

mas.. mbak..

senang rasanya berada disini, panggilan adik itu begitu membahagiakan, karena di kehidupanku dirumah..

peranku hanya sebagai kakak.. panutan.. disini, aku mendapatkan segalanya.. walau ini hanya simulasi hidup yang baru sedikit yang ku tahu.. panggilan adik hingga ukhti.. anti.. membuatku tersenyum kapan saja.. bahkan di setiap pelajaran matematika ekonomi,~ yang hampir membuatku pingsan karena berhubungan dengan garis dan angka.. yang kadang (upss jadi ngelanturr.. oke kembali ke jalan yang benar..)

dalam perbaikan diri ini..

aku ingin terus membangun cintaku pada Allah, ingin ikut segala kegiatan yang bisa mengasah diriku.. walau kadang.. itu artinga sering di kaitkan dengan NII dan yang lain..

tapi bapak dan ibu di rumah telah memiliki cara untuk mewaspadainya..

emm..

caranya.. adalah memberikan uang pas-pasan.. yang dampaknya saat diajak makan ma mbak" kos.. kadang menolak dengan halus.. hmm.. "hemat,mbak.." hehehe

makasih buat semua tuntunan dan arahan.. dari mulai tadinya kucek" mata hampir 15 menit sendiri saat qiyamul lail..

sampai sekarang jadi yang ngebangunin...

dari yang dulu setiap alarm bunyi berbisik sendiri "lima menit lagi deh ya" ..sampai sekarang jadi bangin sebelum alarm bunyi..

dari yang dulu kalo solat.. "bentaran..nanggung" sekarang jadi.." ayoo ayoo.. kasian malaikatnya lho.. masak udah mau di jumlah pahalanya.. kita maen masuk"jamaah.. kan nanti di hapus lagi tuh dianti kertasnya.. kgak konservasi kan (lhoo????)

yahh... apapun itu lah..

pokoknya makasih buat buku" nya...spesial buat yang minjemin aq buku pasti arma rawat.. pasalnya aneh nenteng" buku lecekk.. *krik krik* heheheh...

i dont know.. harus bilang apalagi... makasih.. makasih.. makasihh... :)

hmmmmmm...

*maap ngelantur... tapi lumayan kan bisa berbagi senyumm..

tetap semangat ya.. Allah punya rencana dan bingkisan indah.. tinggal ikhtiar kita aja untuk menjemputnya.. :)

have a great life... :)

Allah always with you.. :

mencoba mencari kejujuran..


Allah mengetahui segalanya bukan...
bahkan apa yang ada di hati manusia...
namun aku tengah mencari kejujuean hatiku,, namun rasanya ada yang membuatku lumpuh dalam gelapku..
ada yang menyekapku dalam sepi dan menjadikannya diri yang membuatku sakit dan menepi dalam sunyi...
aku tengah mencari kejujuranku..
pada jalan dakwah yang ku miliki..
sungguh tak ada tempat dan waktu ini hanya dimiliki oleh seorang yang tak ku kenali..
Allah, jangan membuatku bimbang pada mahluk Mu..
jauhkan aku dari gelisah yang membungkam semangatku.,.
berikan kekuatan dan keinginan untuk selalu berada di jalanMu..
Allah....
aku tengah mencari kejujuranku..

Exsis in Action









Dies Natalis FE menyambut DET ke 5





Allah...


jika ini jalanMu..
maka kuatkan dan berikan kami kesungguhan jiwa...
jadikan ini pembelajaran ..
jadikan ini perbaikan..
jadikan ini perenungan..
hanya karenaMu
bukan mahluk.. bukan mahluk...

Thursday, May 12, 2011

langkah


aku mencoba mencari apa yang ku inginkan . setiap waktu menjadi harapan seriap langkah dan ikhtiar adalah doa. kini semakin mengenali sosok-sosok yang ku kagumi. aku tahu bahwa tak seperti dan sesempurna saat ini mereka juga mengalami masa yang ku hadapi saat ini . mungkin merekapun pernah bimbang dan menanti jawaban atas segala pertanyaaan sepertiku.

menyelami apa yang ada di pikiranku, sejenak aku menerka hari mencoba menebak arti apa yang menjadi petunjuk Allah dalam setiap pemikiranku sendiri. tak ingin menjadi manusia yang akuh pada keadaan, atau lebih lagi menjadi manusia yang dikalahkan keadaan. karena ini semua adalah proses. hidup adalah proses dan masalah adalah warna-warninya.

semakin kesini, aku semakin mengetahui apa yang terjadi. mengapa dan penyebab apa ketika aku sampai pada titik yang saat ini ku kehendaki. aku memang adalah seorang pembelajar dan aku bertahan dan mengerti tentang itu, pembelajaran hidup tak akan berhenti hingga nanti aku menutup mata si akhir masa. entah kapan, entah dengan cara apa. semoga ada doa dan keiklasan atas segalanya.. sehingga hidupku lebih berkah dan memiliki makna.

benar apa yang ku bisikan pada murobbiku tadi sore .. bahwa tak ada yang perlu di khawatirkan dariku. aku cukup punya semangat untuk ini semua,. kegagalan adalah bagaimana Allah ingin kita sedikit berusaha lebih keras, belajar dengan lebih baik, belajar lebih bijak, belajar menerima, belajar memikmati segala situasi, belajar iklas dan segalanya,

hari akan berganti kawan,~ apa yang ter jadi hari kemarin tak selamanya harus di ungit, ambil pelajarannya, walau hanya sepenggal makna, karena faktanya, saat kita melupakan masa lalu, maka kita di takdirkan untuk mengulanginya,

keinginan hati untuk mebingkiskan cinta kepelosok negeri, tanah air ini punya sejuta impian dan harapan untuk lebih baik...

mari berdoa untuk Indonesia yang tengah dalam proses juga,, menuju masyarakat yang madani, kehidupan yang lebih baik dan pemerintahan berdaulat ang bahu-membahu memakmur dan sejahterakan rakyatnya, tak ada yang tak mungkin ketika kita mau usaha dan ikhtiar.. :)
keep working... :)

keep pray.. :)

keep smile and be the real muslimah.. amin... :)

Wednesday, May 11, 2011


terurai dalam baris kata dalam malam
seutas kerinduan mendalam
bukan pada apa yang di ketahui orang
bukan pada apa yang kau pikirkan , kawan..
aku merindukan hari. dimana hidup memilih kita..
membedakan peran dan arah juang kita..
mengantarkanmu kesini
memberikan petunjuk untukku datang
memberikan arahan untuk kita saling mengenal
dan sisi dalam diri memberikan anggaran
diri untuk ta pergi
dan berjanji terus ber kontribusi..
dan dunia ini tak semudah itu,kawan..
saat ego teruraikan
saat komitmen di pertanyakan..
saat ribuan janji terlupakan
bukankah kini kita punya waktu untuk saling menjalani hari sendiri..
aku tak ingin di kalahkan keadaan , kawan..
aku akan disini
mungkin kau tak tau bahkan tak mengerti..
tapi aku tau hati kita tertaut , kawan..
hanya saja kaitan ini kusut tanpa komunikasi..
yah..
inilah hidup,kawan..
hambar tanpa cobaan..
berlalu saja tanpa kebingungan
tak akan jadi menarik tanpa masalah
akan bosan bila senang saja..
akan rapuh bila bahagia saja..
kawan..
serangkaian kehidupan
memiliki kata dan berita..
segalanya akan ditentukan..
apa yang kita pilih dan ikhtiarkan hari ini
kawan..
tak berharap kalian mau disini selamanya..
tak meminta kalian tinggal..
hanya saja ingat janji kita dulu di puncak
hanya saja ingat tangis persaudaraan itu..
memori tak terlupakan walau sebentar..
masa itu...
kalian
aku dan
masa depan..
selalu punya tempat terindah..
ketika kita membuatnya indah..
semoga Allah memberikan yang terbaik atas doa-doa kita.. :)

perbaikan diri

karena jalan kesuksesan itu terjal
karena jalan kebenaran itu sulit
karena jalan pemimpin itu banyak ujian
karena seorang yang besar itu punya masalah yang besar
karena hidup itu adalah tempaan diri
menjadikan kita tegas, tegar dan tabah..
ujian itu bukan sandungan
namun loncatan untuk kita lebih baik di masa depan..
tetap semangat..

sukses untuk perbaikan diri.. :)

tak ingin kehilangan ukhwah ini lagi..

semua termaafkan..
semua di maafkan..
semua tergalaikan dengan pengertian..
antusiasme kebaikan..
Insya Allah.
membawa berkah
dan keridhoan..

Tuesday, May 10, 2011

melati kehidupan..


Pernah aku berbincang dengan senja. Tentang arti berbeda.pernah ku kabarkan pada dunia. Bahwa aku telah terlanjur berbahagia. Namun ternyata semua semu belaka. Sebagian dari diriku hanya berkutat dengan hari dengan siluet kehidupan yang bernama kepalsuan. Aku takut tak pernah mengenal diriku sendiri. Menjadi sosok boneka yang nantinya akan menjadikanku takluk dan pasrah pada keadaan. Aku mengenal yang namanya keiklasan namun aplikasinya aku hanya menyebut mimpi ini bernama harap tak bertuan. Tak kan sebagian dari mereka tahu dan mau mendengar keluhku. Walau terkadang sungguh gelap dan lantah mengajarkanku beberapa soal tentang kehidupan namun faktanya aku masih rapuh dan ragaku yang ditelan tindak dan tanduk kebisuan.

Rasa ini mengajariku sesuatu yang berbeda. Simbol diri yang membuatku semakin kuat bercengkrama dengan kehidupan. Salah satunya tentang diam. Tentang hati yang terpasung dan tentang keimanan. Aku tak setangguh kehidupan yang terkadang lalai namun dalam sekejap mengampun menghamba dalam kebungkaman.yah aku hanya bisa mengigau saja. Perumpamaaanku bahkan tergantung dari banyak hal yang membuatku kembali menjadi angan dan mengajakku berlompa pada kehidupan.

Tenpatku disini dan menanti pagi. Dalam gelap dan rintih ini tak ada dan tak akan pernah ada yang menemani. Walau tak bisa ku ingkari aku hanya simbol kepalsuan diri,. Aku hanya ingin berdiri sendiri., tanpa diri yang mengajariku cinta. Dan sebuah pedoman kehidupan. Aku melati kehidupan. Yang tertelan kabut kegalauan.

Cuplikan monolog : Melati Kehidupan

Oleh : Arma Setyo Nugrahani

cinta dan benci


Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam
"Cintailah orang yang kamu cintai sewajarnya, boleh jadi pada suatu hari kelak ia akan menjadi orang yang engkau benci. Dan, bencilah orang yang kamu benci sewajarnya, boleh jadi pada suatu hari kelak ia akan menjadi orang yang engkau cintai."[6]

Demikianlah sikap yang pertengahan ini bertambah nyata, meliputi seluruh tampilan Islam hingga dalam hal perasaan, simpati dan kasih sayang.

Oleh karena itu Umar bin al-Khaththab radialllahu 'anhu berkata: "Hai Aslam, jangan jadikan cintamu sebagai beban dan jangan sampai bencimu membuat binasa."

Aku bertanya: "Bagaimana hal itu bisa terjadi?"

Beliau mengatakan: "Jika engkau mencintai, janganlah berlebihan seperti seorang anak kecil mencintai sesuatu. Dan, jika engkau membenci, janganlah berlebihan hingga engkau suka mencelakai sahabatmu dan membinasakannya."[7]

Hadbah bin Kasyram berkata:
jika engkau membenci, bencilah dengan kebencian
sewajarnya

karena sesungguhnya engkau tidak tahu,
suatu ketika engkau akan kembali

jadilah engkau barang tambang bagi kebaikan dan
berilah maaf atas kesalahan

karena sesungguhnya engkau melihat dan
mendengar apa yang engkau lakukan

jika engkau mencintai, cintailah dengan cinta
sewajarnya

sebab engkau tidak tahu, suatu ketika engkau
memutus cinta itu

An-Namar bin Taulab berkata:
cintailah kekasihmu dengan cinta sewajarnya

niscaya tidak akan membebanimi
bila kamu memutus cinta itu

dan bencilah musuhmu dengan benci sewajarnya

karena bila engkau berusaha untuk mencintainya
maka engkau akan bersikap bijak padanya

Monday, May 9, 2011

diam



aku tengah menikmati hening malam ini
mencari serpihan diri dam meletakkannya di tempatnya lagi...
sekejap sulit...

jika harus meraba dan menghamba diri...
seutas keindahan ini kadang dapat
melampaui hari dan menjadikanku ingkar pada apa yang ku miliki..

aku tak ingin terbuai Allah..
segala yang semu ini terkadang membuatku lupa..
bahwa sejatinya hati hanya Engkau sang pemilik semesta..
dan keraguan akan mematikan semua..

Allah,,, mungkin Kau lebih tau...
apa yang kini membuncah di hatiku..

melengkapi malam..


bukan aku jika tak memandang malam dengan pandanganku..
bukan aku jika tak menemukan kesunyian walau dalam keramaian..
bukan aku jika tak memiliki celah saat semulai cinta dan merangkai kata untuk Ilahi..
aku hanya takut padaNya.. setiap kali melengkapi malam dengan senandung doa yang bertolak dalam hening..
aku tertaut cinta yang terkadang menjadikanku diri yang meng-hamba seutuhnya
kini dalam setiap keinginan aku hanya berbisik lirih..
mencoba berikhtiar memang.. namun tak ingin terlalu mengandaikan hal yang nantinya akan membuatku terlanjur berharap..
ini hanya dunia..
ini hanya setetes nikmat jika di bandingkan dengan kenikmatan lautan syurga
Allah..
jaga hatiku..
jangan biarkan aku berpalinng dari jarakku.. melengkapi malam hanya dengan Mu..